Aplikasi Untuk Menguji Perangkat Keras

14 Aplikasi Untuk Menguji Perangkat Keras PC Anda

Googlaz.comAplikasi Untuk Menguji Perangkat Keras, Anda sekarang memiliki semua alat pemantauan yang Anda butuhkan, tetapi bagaimana Anda tahu apakah perangkat Anda bekerja persis seperti yang seharusnya? Itulah salah satu alasan mengapa kami melakukan benchmark.

Ada banyak program benchmark di luar sana, dan banyak game yang memiliki fitur benchmark di dalamnya (kadang-kadang tetapi tidak selalu kami menggunakannya). Game sangat bagus untuk menguji stres GPU Anda, tetapi untuk artikel ini kami telah memilih 13 perangkat lunak yang umum digunakan dalam ulasan perangkat keras atau yang menyediakan fitur pengujian tambahan yang tidak dapat dilakukan oleh game.

Kami tidak menyertakan program yang dapat memantau dan mencatat laju bingkai game, seperti FRAPS atau Afterburner MSI, karena program ini tidak menguji komputer secara langsung; namun kita akan melihatnya di artikel lanjutan.

14 Aplikasi Untuk Menguji Perangkat Keras PC

Sandra 20/20

Download Now from TechSpot | WebsiteSandra 20/20

Untuk memulai bagian benchmark, kami menggunakan alat analisis sistem yang sudah berjalan lama: SiSoft Sandra. Pada nilai nominal, tampaknya menawarkan fitur yang sama seperti HWinfo dan AIDA64, tetapi tidak seperti program ringkasan tersebut, Sandra hadir dengan sejumlah alat pembandingan.

Daftar tesnya lengkap, tetapi kebanyakan spesifik untuk tugas tertentu, seperti matematika yang terlibat di balik pemrosesan gambar. Untungnya, ada tes komputer secara keseluruhan tetapi sebuah kata peringatan: ini berjalan untuk waktu yang lama, dan komputer Anda mungkin mengalami bug (layar mati, kesalahan kipas RGB, dll) selama pengujian, karena sangat intensif.

sandra
Image by Techspot.com

Halaman hasil akan membandingkan temuan dengan platform benchmark lainnya, serta memberikan rincian fakta dan angka individual. Untuk administrator sistem dan pembuat PC, Sandra mencakup semua basis; itu tidak begitu ramah terhadap pengguna PC umum sekalipun.

Sandra hanya tersedia untuk Windows, tetapi versi ‘Lite’ gratis dan dilengkapi dengan banyak tes. Harga upgrade untuk membuka kunci semuanya saat ini agak curam $69,99, tetapi dapat diinstal pada hingga 5 PC yang berbeda. Ada lebih banyak versi untuk profesional dan berbagai sektor industri (yang memerlukan banyak lisensi dan pemantauan jarak jauh), tetapi harganya jauh lebih tinggi, mulai dari $199,99 hingga $2.195.

PCMark 10

Download Now from TechSpot | WebsitePCMark 10

Jika Anda mencari benchmark yang lebih umum yang menguji PC Windows Anda dalam berbagai situasi umum (aplikasi perkantoran, streaming video, game, dll), maka periksa PCMark 10. Awalnya dibuat oleh Futuremark, di Finlandia (kemudian diakuisisi oleh UL), program ini telah ada dalam berbagai revisi sejak tahun 2002.

pc mark10
Image by Techspot.com

Ada versi ‘Dasar’ gratis yang menjalankan tes benchmark tunggal secara keseluruhan; membuka kunci sisa tes dan fitur lainnya akan membuat Anda kembali $29,99; jika Anda menginginkan lebih banyak tes (seperti masa pakai baterai, kinerja penyimpanan, dan pengujian aplikasi khusus) dan kontrol yang lebih besar atas program, maka Anda harus menghabiskan $1.495 setiap tahun untuk edisi ‘Profesional’.

PCMark memantau berbagai hal selama pengujian, seperti beban dan suhu CPU, dan hasilnya dapat diunggah ke database UL, untuk dibandingkan dengan sistem lain. Ada versi terpisah dari PCMark untuk perangkat Android.

3DMark

Download Now from TechSpot | Website3DMark

Alat benchmark UL lainnya dan yang bahkan lebih populer, 3DMark muncul hampir 22 tahun yang lalu dan telah menjadi salah satu cara standar untuk menguji kartu grafis — meskipun sebagian besar permainan telah mengambil alih peran ini. Ini karena berfokus pada menjalankan beban grafis 3D yang intensif, menggunakan teknologi rendering terbaru yang didukung oleh kartu grafis modern.

Ada versi terpisah untuk Windows, Android, dan iOS, dan tersedia dalam versi ‘Dasar’ gratis yang memiliki 4 tes standar. Produk ‘Lanjutan’ $29,99 memberi Anda semua tes, termasuk Tes Stres berulang dan yang disebut Tes Fitur yang menganalisis perangkat keras atau kemampuan rendering tertentu, dan pembelian memungkinkan Anda untuk menyesuaikan pengaturan grafis.

3dmark
Image by Techspot.com

Edisi ‘Profesional’ dari 3DMark, ditujukan untuk spesialis industri, memberikan kontrol yang lebih besar atas otomatisasi dan konfigurasi pengujian, juga biaya $1.495 per tahun tetapi satu-satunya tes tambahan yang Anda dapatkan adalah alat kualitas gambar!

3DMark juga memungkinkan Anda mengunggah ke database dan membandingkan PC Anda dengan konfigurasi lain.

3DMark masih populer di kalangan komunitas overclocking dan skor teratas dalam database sering kali adalah PC yang didinginkan dengan nitrogen cair, semuanya memiliki clock hingga tingkat ekstrem (misalnya CPU 28 core, 3,8 GHz yang didorong ke 5,8 GHz).

Cinebench

PILIHAN |  Download WhatsApp Plus Terbaru

Selanjutnya adalah tolok ukur klasik lainnya — alat Cinebench sebenarnya adalah versi program rendering yang disebut Cinema 4D, oleh Maxon yang sangat dipangkas. Saat Anda menjalankannya, aplikasi menggunakan CPU untuk menghasilkan satu gambar, tetapi semuanya dilakukan dengan teknik ray tracing terbaru.

GPU tidak digunakan dalam pengujian, selain untuk mengirim output ke monitor, tetapi sangat bagus untuk menganalisis seberapa baik CPU mengelola thread dan memori. Cinebench dapat dikonfigurasi untuk merender adegan menggunakan sejumlah utas, dimulai dengan hanya 1 (pada dasarnya hanya satu inti CPU) dan kemudian hingga 256.

Bahkan jika prosesor tidak mendukung banyak utas, tolok ukur akan tetap berjalan, karena setiap untaian instruksi memproses area kecil gambar – dengan kata lain, menggunakan lebih banyak utas berarti setiap bagian yang dirender lebih kecil.

cinebench
Image by Techspot.com

Anda akan menemukan hasil Cinebench di hampir setiap tinjauan CPU di web, tetapi perlu diketahui bahwa versi yang lebih lama tidak menjalankan pengujian yang sama, sehingga hasilnya tidak dapat dibandingkan. Meskipun ini bukan latihan yang mendetail untuk keseluruhan sistem Anda, tidak ada yang lebih baik daripada menonton prosesor multicore baru Anda menembus layar. Ini benar-benar gratis, dan tersedia untuk Windows dan macOS.

Benchmark CPU populer lainnya yang didasarkan pada tugas rendering adalah Corona. Aplikasi ini didasarkan pada Corona Renderer dan memungkinkan Anda membandingkan kinerja CPU Anda dengan database hasil besar.

Basemark GPU

Download Now from TechSpot | WebsiteBasemark GPU

Basemark mungkin tampak seperti tiruan 3DMark (dan bagian dari tim pengembangan adalah mantan karyawan Futuremark) tetapi tes grafis ini memiliki keunggulan penting dibandingkan saingannya dari Finlandia: ada versi untuk Windows, Linux, MacOS, Android, dan iOS. Jadi, jika Anda seorang penguji perangkat keras profesional atau Anda hanya memiliki banyak peralatan untuk diperiksa, GPU Basemark mungkin sesuai dengan kebutuhan Anda.

basemark
Image by Techspot.com

Untuk satu tes rendering, ini adalah unduhan yang cukup besar hanya di bawah 1 GB; dan jika Anda ingin menjelajahi seberapa baik kartu grafis Anda menangani berbagai jenis kompresi tekstur, ada lebih banyak lagi yang bisa ditarik dari server mereka. Basemark mendukung 3 API grafis yang berbeda: DirectX 12, OpenGL, dan Vulkan, yang membuatnya unik di pasar tempat ia bersaing.

Ada versi gratis untuk semua platform, tetapi jika Anda ingin membuka kunci kemampuan untuk mengotomatiskan pengujian atau mengonfigurasinya di luar apa yang telah ditetapkan Basemark, maka Anda mungkin kurang beruntung. Itu karena fitur-fitur itu hanya tersedia dalam edisi Korporat dan tidak ada label harga publik untuk itu!

OCCT

Download Now from TechSpot | WebsiteOCCT

Jika Anda menyukai overclocking atau Anda baru saja membangun sistem baru dan Anda ingin menguji seberapa stabilnya, maka Anda memerlukan sebuah program untuk menguji komputer Anda. OCCT (Overclock Checking Tool) sangat sesuai dengan tagihan, dan meskipun hanya untuk mesin Windows, ia dapat memantau berbagai sensor dan tingkat perangkat keras saat sedang berjalan.

occt
Image by Techspot.com

Tidak ada banyak tes dalam aplikasi, tetapi mereka melakukan apa yang seharusnya mereka lakukan: memuat CPU, GPU, atau RAM dan memberi mereka latihan yang baik. OCCT gratis untuk penggunaan umum, meskipun ia meminta Anda $1 untuk menghilangkan jendela pengingat, setiap kali Anda menjalankan tes. Namun, uang itu hanya akan bertahan selama sebulan: pembuat program mengenakan biaya $10 selama setahun, atau $15 untuk selamanya, untuk melakukan hal yang sama.

Blender Benchmark

Download Now from TechSpot | WebsiteBlender Open Data

Blender adalah perangkat lunak open source untuk pemodelan 3D, rendering, animasi, dan pasca produksi. Benchmark didasarkan pada perangkat lunak ini dan dikembangkan oleh tim proyek untuk mengumpulkan hasil pengujian perangkat keras dan membuat perbandingan antara perangkat keras sistem, instalasi, dan untuk membantu pengembang melacak kinerja selama pengembangan Blender.

blender
Image by Techspot.com

Benchmark Blender tersedia untuk Windows, Linux, dan macOS.

Benchmark dapat dijalankan secara online maupun offline. Benchmark menjalankan Blender dan merender file produksi, dengan opsi untuk mengunggah hasil Anda ke portal Open Data di blender.org.

Geekbench

Download Now from TechSpot | WebsiteGeekbench

PILIHAN |  Rekomendasi Aplikasi Saham Online Terpercaya

Alat pembandingan populer lainnya adalah Geekbench, oleh Primate Labs. Ini juga telah ada untuk waktu yang lama, tetapi di masa lalu, itu juga mendapat kritik negatif, terutama oleh tokoh industri utama Linus Torvalds. Yang mengatakan, itu adalah salah satu dari sedikit program pengujian yang tersedia untuk semua 5 platform utama: Windows, Linux, MacOS, Android, dan iOS.

Antarmukanya sangat sederhana, dan tidak ada grafik mewah saat sedang berjalan. Sebaliknya, itu diam-diam menjalankan serangkaian tes, melakukan perhitungan seperti yang digunakan dalam berbagai beban kerja komputasi, dan menampilkan hasilnya dalam bentuk daftar skor.

Geekbench
Image by Techspot.com

Seperti banyak alat benchmark, hasilnya dapat diunggah ke database online pembuatnya, yang berarti Anda dapat membandingkan temuan Anda dengan sistem lain atau membagikannya sendiri.

Geekbench hadir sebagai versi ‘percobaan’ gratis dan tidak terbatas, yang melakukan semua yang Anda butuhkan. Namun, dengan $9,95, Anda menerima kemampuan untuk mengelola hasil online Anda, dan untuk $99,99 Anda dapat sepenuhnya mengonfigurasi apa dan bagaimana kinerja program (tetapi ini benar-benar ditujukan untuk penggunaan komersial).

Novabench

Download Now from TechSpot | WebsiteNovabench

Jika Anda mencari penguji multi-platform lainnya, maka Anda harus mempertimbangkan untuk melihat Novabench. Tersedia untuk Windows, Linux, dan macOS, alat benchmark ini menawarkan tes CPU, GPU, RAM, dan hard drive.

novabench
Image by Techspot.com

Meskipun tidak memiliki fidelitas grafis seperti 3DMark atau berbagai tes analitis yang ditawarkan Sandra, seluruh benchmark pendek dan manis (jauh lebih cepat daripada Sandra, misalnya) dan ada fitur perbandingan online juga. Menyerahkan $19 akan memberi Anda versi ‘Pro’ dari alat ini, dan untuk itu Anda mendapatkan pemantauan suhu, tes keausan baterai untuk laptop, dan lebih banyak opsi konfigurasi.

Phoronix Test Suite

Download Now from TechSpot | WebsitePhoronix

Bagaimana jika Anda ingin membandingkan komputer Anda (berbasis Windows, Linux, atau macOS), tetapi Anda tidak ingin membayar untuk fitur lengkap? Atau katakanlah Anda seorang profesional TI dan Anda perlu menguji dan memantau perangkat keras dari jarak jauh, lalu bagaimana? Sederhana saja: Phoronix Test Suite open-source adalah yang Anda butuhkan.

Phoronix Test Suite
Image by Techspot.com

Namun perlu diingat: Phoronix bukan untuk konsumen umum, atau bahkan penggemar. Anda harus sangat nyaman menggunakan antarmuka baris perintah, dan memahami apa yang sedang diuji, dan cara kerja setiap tolok ukur. Tetapi jika Anda seorang manajer jaringan atau pengembang sistem, maka Anda tidak akan menemukan koleksi alat benchmark yang lebih baik di tempat lain.

Unduhan default dilengkapi dengan sejumlah besar tes, tetapi yang tambahan dapat bersumber melalui situs web OpenBenchmarking yang mendukung.

7-zip

Download Now from TechSpot | Website7-zip

7-zip adalah aplikasi kompresi file, tetapi kebetulan berisi fitur pengujian kecil yang bagus: itu membuat beberapa data sampah dan kemudian menggunakan algoritme LZM untuk mengompres dan mendekompresnya, tanpa kehilangan data. Cukup buka ‘Tools’, klik ‘Benchmark’, dan pergilah. Jelas ini bukan alat pembandingan, tetapi hampir selalu ditampilkan dalam ulasan CPU karena menyajikan skenario pengujian dunia nyata.

7-zip
Image by Techspot.com

Tes kompresi bagus untuk melihat seberapa mampu cache CPU dan memori sistem, dalam hal bandwidth dan latensi; hasil dekompresi lebih dipengaruhi oleh struktur internal CPU dan seberapa baik ia mengelola operasi bilangan bulat acak yang bercabang. Jadi jika Anda ingin membandingkan aspek-aspek ini di berbagai merek dan model prosesor, 7-zip berguna untuk digunakan dan seperti Cinebench, hasilnya sering ditampilkan dalam ulasan CPU.

Bagian terbaik dari program ini adalah tidak ada biaya, dan tersedia untuk pengguna Windows dan Linux.

Unigine Superposition

Download Now from TechSpot | WebsiteUnigine

PILIHAN |  Cara Setting GFX Tool PUBG Mobile Terupdate

Entri berikutnya dalam daftar pembandingan kami sebenarnya adalah kumpulan program, semuanya dibuat oleh Unigine, yang telah mengembangkan mesin grafis 3D untuk industri game dan visualisasi selama 15 tahun. Mereka memiliki 3 tolok ukur grafis, tetapi karena dua di antaranya agak tua untuk sistem modern, kami hanya akan tetap menggunakan yang terbaru, yang disebut Superposition.

Visualnya bagus untuk ditonton (beberapa bagiannya mendorong 6 juta segitiga per bingkai, dengan 30 sumber cahaya aktif), saat pengujian sedang berjalan, dan seperti 3DMark, Anda dapat mengaturnya untuk merender grafik pada resolusi yang lebih tinggi dari monitor keluaran — ia menggunakan rutin shader yang sangat cepat untuk memperkecil, agar sesuai dengan layar. Jadi jika Anda ingin memberikan GPU Anda latihan yang layak, maka ini adalah cara cepat untuk melakukannya.

Juga seperti tolok ukur UL, Anda mendapatkan skor di akhir tolok ukur yang dapat Anda unggah dan bandingkan. Ada versi untuk Windows dan Linux, dan edisi ‘Basic’ gratis; $19,95 membuka tes stres yang berjalan melalui banyak siklus untuk melihat seberapa stabil sistemnya, dan memungkinkan Anda mengunggah hasil Anda ke papan peringkat Unigine. Jika Anda menginginkan lebih banyak opsi untuk menjalankan aplikasi dan menganalisis hasilnya, maka Anda harus mendapatkan versi ‘Profesional’, yang berharga $995, tetapi ini sebenarnya tidak ditujukan untuk pengguna umum.

CrystalDiskMark

Download Now from TechSpot | WebsiteCrystalDiskMark

Jika benchmark Unigine berfokus pada grafik 3D, yang satu ini adalah tentang penyimpanan Anda — khususnya, seberapa cepat ia dapat membaca dan menulis data ke dalamnya, dengan berbagai cara. CrystalDiskMark sangat mendasar, tetapi tidak ada yang salah dengan itu.

Tidak ada skor keseluruhan, tetapi tes ini memiliki berbagai skenario pengaturan, dari beban kerja ‘realistis’ hingga pemeriksaan kinerja puncak. Yang terakhir ini berguna untuk memeriksa apakah Anda sudah menyiapkan semuanya dengan benar.

Sebagai contoh, hasil di atas adalah untuk SSD yang terhubung ke SATA yang mengklaim angka baca/tulis berurutan masing-masing 540 dan 520 MB/dtk — hasil SEQ1M menunjukkan bahwa hal ini cukup banyak terjadi.

CrystalDiskMark gratis dan hanya tersedia untuk PC Windows.

PerformanceTEST

Download Now from TechSpot | WebsitePerformanceTEST

Tidak ada artikel daftar tanpa setidaknya satu pilihan kontroversial, dan yang satu ini tidak berbeda! Kami memilih PerformanceTEST oleh PassMark, bukan karena kinerjanya buruk, tetapi beberapa orang tidak menyukainya karena cara menghitung skor dalam tes CPU. Penggemar di kedua sisi pertempuran AMD vs Intel kadang-kadang akan mengklaim bahwa model favorit mereka diwakili secara tidak adil, tapi itu hanya sifat benchmarking. Itu selalu yang terbaik untuk menggunakan lebih dari satu program untuk mendapatkan gambaran yang baik tentang kemampuan sistem Anda.

PerformanceTEST menjalankan serangkaian tes CPU, GPU, RAM, dan hard drive yang layak untuk menghasilkan skor keseluruhan, dan seperti banyak lainnya, ini dapat diunggah ke database online dan dibandingkan dengan sistem lain. Beberapa tes grafis (2D dan 3D diuji) keren untuk ditonton, jika hanya sedikit di sisi trippy.

Bagian kontroversial sebenarnya dari alat pembandingan ini adalah bahwa tidak ada versi yang benar-benar gratis: Anda dapat memiliki salinan evaluasi 30 hari, tetapi setelah jangka waktu tersebut, Anda harus menghabiskan $29 untuk membuka kunci tes lanjutan dan 12 bulan upgrade gratis, dan kemudian lagi $13,50 untuk mempertahankan dukungan. Dibandingkan dengan apa yang ditawarkan SiSoftware dengan Sandra 20/20 atau UL dengan PCMark 10, versi uji coba terbatas waktu tampaknya agak ketinggalan zaman. Yang mengatakan, itu memang menawarkan banyak informasi tentang pengujian, dan jika Anda memeriksa banyak mesin dan komponen, menggunakan versi lengkap bukanlah masalah yang terlalu buruk.

Inilah 14 Aplikasi Untuk Menguji Perangkat Keras PC Anda, Semoga bermanfaat.

Check Also

6 Aplikasi Penghasil Uang Terbaik dan Terbukti Membayar

6 Aplikasi Penghasil Uang – Cara Cairkan Bantuan BLT UKM Kementerian Sosial

Cara Cairkan BLT UKM – Pemerintah sudah meluncurkan berbagai bantuan sosial, mulai dari bantuan tunai …