Cara Mengosongkan Ruang di Windows

10+ Cara Mengosongkan Ruang di Windows

Cara Mengosongkan Ruang di Windows – Penyimpanan dalam bentuk hard disk dan solid state mungkin lebih terjangkau akhir-akhir ini, tetapi bukan berarti tidak terbatas. Dengan permainan yang sekarang menghabiskan ratusan gigabyte, dan pembaruan Windows membutuhkan ruang yang jauh lebih besar daripada sebelumnya, Anda mungkin mendapati drive Anda lebih sering terisi. Untungnya, kami memiliki beberapa trik cepat untuk membantu Anda membersihkan kekacauan untuk apa pun yang Anda butuhkan.

10+ Cara Mengosongkan Ruang di Windows

Hal Sederhana

Tip yang paling jelas tanggal kembali ke Windows 95 hari. Jelas, mengosongkan recycle bin Anda adalah salah satu cara tercepat untuk mengosongkan ruang. Jika Anda suka hidup berbahaya, Anda dapat membuka properti Recycle Bin Anda dan mengaktifkan opsi untuk segera menghapus file setiap kali dihapus, tetapi kami tidak merekomendasikannya.

Either way, kami hanya menyebutkan ini karena jika Anda ingin menjaga desktop Anda bersih dari ikon apa pun (lihat di sini bagaimana Anda dapat memindahkan Recycle Bin), mungkin perlu berminggu-minggu sejak Anda terakhir mengosongkannya. Juga, fitur Storage Sense Windows 10 secara default mengosongkan tempat sampah setelah 30 hari.

Copot pemasangan aplikasi dan bloatware yang tidak perlu

Ini juga mungkin tampak seperti ide yang sederhana, tetapi Windows hadir dengan banyak aplikasi dan fitur yang mungkin tidak berguna bagi Anda. Masuk ke jendela Pengaturan Aplikasi, dan Anda akan dapat menghapus aplikasi dengan cepat melalui menu di sana. Aplikasi seperti Mixed Reality dapat dihapus dari menu ini, tetapi jika Anda ingin menghapus fitur lain yang tidak digunakan, klik Fitur opsional, dan Anda dapat menghapus item seperti Windows Media Player atau Internet Explorer 11.

features
Image by Techspot.com

Alat pihak ketiga seperti Revo Uninstaller dapat membantu dalam tugas ini, dan menjadikannya urusan 3 klik. Alat-alat ini juga dapat menghapus file yang tersisa setelah menggunakan solusi Window untuk memastikan bahwa semuanya telah dibersihkan.

Temporary File

Temporary Files
Image By Techspot.com

Pergi ke Pengaturan> Sistem> Penyimpanan, akan menawarkan Anda kesempatan untuk melihat berapa banyak ruang yang diambil oleh file sementara atau Unduhan. Mengklik File Sementara memungkinkan Anda untuk mendapatkan pemahaman yang lebih terperinci tentang penggunaan penyimpanan, dan Anda dapat memilih kotak centang, yang berlaku saat Anda menekan tombol “Hapus file”.

Pembersihan disk

Salah satu cara ekstra untuk mengendalikan ruang Anda adalah dengan menggunakan utilitas Pembersihan Disk bawaan Windows. Disk Cleanup adalah bagian dari folder Alat Administratif Windows di Start Menu Anda, atau Anda bisa mencarinya di dalam menu.

Saat diluncurkan, pilih drive yang akan dibersihkan dan aplikasi akan menampilkan semua item yang dapat Anda bersihkan, dari file sementara hingga thumbnail, dan file sistem seperti instalasi Windows sebelumnya (dan folder Windows.old) dan file yang diperlukan untuk pembaruan. Pilih apa yang ingin Anda hapus, dan tekan “OK” untuk menyelesaikan tugas.

Storage Sense

storage
Image By Techspot.com

Versi Windows 10 yang lebih baru memiliki utilitas pembersihan disk otomatis yang dikenal sebagai Storage Sense. Temukan di Pengaturan Sistem> Penyimpanan.

Menyiapkan Storage Sense memungkinkan Windows untuk secara otomatis menghapus file sementara serta item di unduhan dan Recycle Bin Anda setelah jangka waktu tertentu.

Simpan Lokasi Default

Windows menetapkan lokasi penyimpanan default untuk dokumen, video, gambar, unduhan, dan item lainnya ke folder di drive tempat Windows diinstal. Mereka yang menggunakan drive ramping untuk sistem operasi, tetapi drive lain untuk game dan file, ingin mengubah pengaturan ini untuk mengosongkan ruang pada drive utama.

Mengklik tombol “Ubah tempat konten baru disimpan” akan memungkinkan Anda melakukannya. Halaman ini akan memungkinkan Anda untuk mengubah lokasi penyimpanan default dan bahkan menginstal lokasi untuk file dan aplikasi baru.

OneDrive “File Sesuai Permintaan”

Bagi Anda yang mengandalkan OneDrive juga dapat menggunakan fitur praktis yang dikenal sebagai File Sesuai Permintaan. Meskipun akun cloud drive berguna untuk menyimpan file di lokasi terpusat, OneDrive juga memungkinkan Anda menggunakan file dalam format online saja, mengunduh item saat Anda membutuhkannya, dan menghapus file lokal saat ruang hampir habis.

Untuk mengaktifkan fitur ini, masuk ke pengaturan OneDrive Anda, dan centang kotak di bawah File Sesuai Permintaan. Kemudian ketika Anda melihat file OneDrive Anda, mereka akan disajikan dalam tiga status berbeda: file awan biru hanya tersedia online, item dengan tanda centang hijau di lingkaran putih adalah file yang disimpan secara lokal yang akan kembali ke awan ketika Anda kehabisan ruang , dan file dengan tanda centang putih dalam lingkaran hijau disimpan secara lokal, yang tidak akan dikembalikan ke awan.

Menghapus Pengguna

Jika Anda telah berbagi PC dengan seseorang yang tidak lagi menggunakan perangkat, Anda dapat menghapus akun mereka bersama dengan file dan folder yang terkait dengan mereka. Ini dilakukan melalui Pengaturan Akun.

Klik item Keluarga & Pengguna Lain di bilah sisi, lalu pilih akun yang tidak lagi digunakan. Dari sana, klik tombol Hapus yang akan memicu dialog tambahan tentang menghapus akun dan data. Setelah Anda memutuskan untuk menghapus akun, Anda akan mengosongkan ruang yang digunakan oleh pengguna tersebut di drive Anda.

Nonaktifkan Hibernasi

Hibernasi adalah alternatif hemat energi untuk menidurkan komputer. Itu menulis status sistem Anda saat ini ke drive, dan memungkinkan Anda untuk mematikan PC dan kembali ke status itu ketika Anda menyalakannya kembali. Ini juga memakan beberapa gigabyte ruang. Untuk menonaktifkannya, buka command prompt sebagai administrator dan ketik berikut ini:

powercfg / hibernasi mati

Ini akan membantu Anda menghemat banyak penyimpanan, meskipun Hibernate akan dinonaktifkan. Jika Anda ingin mengaktifkan kembali Hibernate, cukup buka kembali command prompt sebagai administrator dan ketikkan perintah berikut: powercfg /hibernate on

Gunakan Alat OS Ringkas

Compact OS adalah alat yang dirancang untuk perangkat dengan penyimpanan yang sangat terbatas, dan dapat membantu mengosongkan banyak ruang, meskipun berpotensi mengorbankan kinerja. Dalam kata-kata Microsoft sendiri, “Compact OS menginstal file sistem operasi sebagai file terkompresi.”

Kami merekomendasikan melakukan pencadangan sebelum Anda menggunakan alat Compact OS dan hanya menggunakannya pada penyimpanan yang relatif cepat. Untuk menggunakan alat ini, buka command prompt sebagai administrator. Masukkan perintah berikut untuk mengompres instalasi Windows 10: compact.exe /compactOS:always

Proses ini akan menghemat beberapa gigabyte penyimpanan. Jika Anda ingin membalikkan perubahan, buka prompt perintah sebagai administrator dan ketik perintah berikut: compact.exe /compactOS:never

Kompres Folder atau Drive

Jika drive Anda diformat sebagai NTFS, Anda akan dapat menggunakan fitur kompresi bawaan untuk menghemat ruang. Namun, opsi ini dapat berdampak negatif pada kinerja komputer Anda karena mengompresi dan mendekompresi data saat bepergian.

Anda dapat mengompres folder atau drive. Untuk mengompres folder, klik kanan padanya dan pilih Properties. Kemudian klik tombol Lanjutan. Kemudian centang kotak di samping “Kompres Konten untuk Menghemat Ruang Disk” di bagian Kompres atau Enkripsi atribut. Kemudian klik OK, dan Terapkan. Anda dapat mengembalikan perubahan ini dengan mengosongkan kotak centang.

Jika Anda ingin mengompres seluruh drive, gunakan File Explorer, dan buka “PC ini.” Kemudian Anda perlu klik kanan pada drive yang ingin Anda kompres, dan pilih Properties. Centang kotak di samping “Kompres drive ini untuk menghemat ruang disk”, di Tab Umum. Kemudian klik Terapkan. Anda kemudian akan diminta dengan kotak dialog yang menanyakan apakah Anda ingin menerapkan perubahan ke drive, subfolder, dan file. Tentukan pilihan Anda dan klik OK.

Di luar Alat Windows

Jika tips ini terlalu sederhana dan tidak menyelesaikan pekerjaan, maka akan lebih bijaksana untuk mendapatkan alat analisis disk. Ada beberapa opsi seperti WinDirStat atau Space Sniffer yang menganalisis drive, dan memberikan visualisasi folder dan file apa yang paling banyak menghabiskan ruang.

Visualisasi ini dapat menunjukkan dengan lebih baik berapa banyak ruang yang digunakan aplikasi, program, atau game, dan Anda dapat menemukan folder atau file besar di lokasi tertentu yang terkadang tersembunyi atau sulit ditemukan.

Ini adalah cara yang bagus untuk menemukan dan menghapus file sementara dari aplikasi tertentu, atau data pengguna yang tidak lagi diperlukan. Misalnya, di dalam folder Windows AppData terdapat cache dan file sementara untuk browser, messenger, dan klien game, yang mungkin siap untuk dihapus. Folder lain, dapat menyertakan penginstal sementara untuk penginstal paket driver AMD atau Nvidia.

Jika Anda memerlukan ide tempat di mana Anda mungkin bisa mendapatkan kembali beberapa ruang penyimpanan, berikut ini beberapa:

  • Cadangan seluler dari ponsel atau tablet Anda
  • File untuk browser web, pengirim pesan instan, dan klien game yang tidak digunakan
  • Gambar drive OS lama dan file cadangan lainnya
  • Email disimpan secara lokal (terutama lampiran)
  • Perangkat lunak konversi file dengan file media yang disimpan di lokasi acak
  • Perangkat lunak penyimpanan cloud dengan file yang disimpan secara lokal yang dapat Anda hapus (Dropbox, Box, OneDrive, dll.)
  • Alat yang memperbarui driver Anda secara otomatis
  • Mesin virtual yang tidak digunakan (pindahkan ke drive lain)
  • Temp folder di mana-mana

Terkadang Windows memiliki sejumlah besar file lama dan tidak perlu di dalam folder Sistemnya. Menggunakan alat seperti DriverStore Explorer dapat membantu membersihkan driver yang di-cache dan ketinggalan jaman.

Ada juga banyak ruang yang disediakan untuk File Toko Komponen Windows (di \Windows\WinSxS), digunakan dalam menyesuaikan dan memperbarui Windows, dan operasi pemulihan sistem. Jika Anda putus asa untuk mengosongkan beberapa ruang, masukkan ini di prompt perintah:

dism.exe /Online /Cleanup-Image /StartComponentCleanup /ResetBase

Tindakan ini akan menghapus file usang serta memverifikasi dan memperbaiki file sistem terbaru. Melakukan ini akan memengaruhi kemampuan Anda untuk memutar kembali setelah pembaruan, tetapi ini dapat menghemat banyak ruang.

Menemukan dan Menghapus File Duplikat

Cara Mengosongkan Ruang di Windows selanjutnya adalah menghapus duplikat file adalah cara yang bagus untuk mengosongkan ruang, tetapi itu tidak selalu merupakan proses yang paling mudah. Untungnya, ada beberapa alat pihak ketiga yang dapat mempermudah pekerjaan.

CCleaner menyertakan alat pencari file duplikat, seperti halnya Total Commander. Beberapa aplikasi mengkhususkan diri dalam mencari dan menghapus file duplikat termasuk CloneSpy, Wise Duplicate Finder, Duplicate Cleaner dan DupScout.

Resor Terakhir

Jika tips ini tidak cukup membantu untuk mengosongkan ruang, ada beberapa trik lagi yang sebaiknya disimpan sebagai upaya terakhir. Windows memiliki fungsi reset bawaan, yang membersihkan semuanya dan memulai Anda dengan yang bersih. Buka Pengaturan> Perbarui & Keamanan> Pemulihan. Tombol pertama akan memulai reset Windows 10.

Dan akhirnya, Anda selalu dapat mentransfer file ke drive eksternal dan membebaskan penyimpanan internal yang cepat untuk sistem operasi dan aplikasi Anda, tetapi ini selalu merupakan opsi yang lebih mahal. Meskipun sejujurnya, drive 5TB dengan harga kurang dari $100 memang terdengar menggoda.

Demikian 10+ Cara Mengosongkan Ruang di Windows, Semoga bermanfaat

PILIHAN |  Minggu ini Hebat

 

Daftar Isi

Check Also

Xiaomi Redmi Note 11 Pro

Rilis Lebih awal Xiaomi Redmi Note 11 Pro

Xiaomi Redmi Note 11 Pro – Xiaomi sudah mengumkan seri Redmi Note 10 di  awal …