Digital camera

Dasar-dasar kamera digital

Dasar-dasar kamera digital – Seperti kebanyakan hal dalam hidup, ketika Anda mengalami sesuatu untuk pertama kalinya, Anda sering tidak yakin bagaimana melakukannya. Hal yang sama dapat terjadi saat membeli kamera digital pertama Anda. Anda pasti akan dibanjiri dengan fakta, angka, dan lebih banyak jargon daripada yang Anda tahu apa yang harus dilakukan. Pada artikel ini, kami akan mencoba membantu Anda dengan beberapa jargon dan menunjukkan kepada Anda apa yang harus dicari saat membeli kamera digital. Beberapa fitur mungkin tidak menarik bagi Anda kecuali Anda memerlukan kamera untuk melakukan tugas tertentu, tetapi selalu penting untuk mengetahui dengan tepat apa yang Anda beli sehingga Anda dapat memilih yang bagus saat melihatnya.

Megapiksel

Resolusi kamera diukur dan diumumkan dalam megapixel. Ide di balik angka ini adalah jumlah piksel yang dibutuhkan kamera untuk mengambil gambar. Dalam hal ini, semakin tinggi angkanya, semakin baik kualitas gambar yang dapat Anda ambil. Misalnya, jika Anda membeli kamera dengan resolusi 4 Megapiksel, gambar yang akan Anda ambil dengan kamera tersebut akan mampu menghasilkan gambar sebesar 4 juta piksel. Jelas terlihat bahwa kamera dengan resolusi 2 megapiksel tidak akan menghasilkan gambar sejelas atau sedetail 4 megapiksel.

Jika Anda sering mencetak gambar di PC atau mengirimnya untuk dicetak, peringkat megapiksel kamera Anda mungkin sangat penting bagi Anda. Megapiksel yang lebih tinggi di kamera Anda memungkinkan Anda untuk mencetak ukuran yang lebih besar dengan tetap menjaga kualitas. Jika Anda mencoba mencetak gambar yang jauh lebih besar daripada yang dirancang untuk kamera Anda, kualitas gambar akan menurun secara drastis.

PILIHAN |  Minggu ini Hebat

Hal terakhir yang perlu diketahui tentang megapiksel adalah semakin tinggi resolusi saat mengambil foto, semakin banyak ruang yang akan digunakan pada kartu memori Anda. Foto yang diambil dengan kamera 4 megapiksel akan membutuhkan dua kali lebih banyak ruang di kartu memori dibandingkan dengan foto yang diambil dengan kamera 2 megapiksel. Pastikan gambar berkualitas memiliki memori yang cukup di kamera Anda untuk mencadangkannya. Baik itu saja atau Anda memiliki kartu media cadangan untuk dipasang saat Anda kehabisan ruang.

Zoom Digital dan Zoom Optik

Tidak diragukan lagi, saat membeli kamera, Anda akan menginginkan semacam fungsi zoom untuk menangkapnya dalam bidikan jarak jauh. Ini adalah area yang merepotkan bagi beberapa pembeli pertama kali. Ada dua jenis zoom di pasaran untuk kamera digital. Zoom Digital dan Zoom Optik. Satu-satunya hal yang benar-benar penting adalah Zoom optik, ini adalah fungsi zoom sejati yang menggunakan optik kamera untuk membawa objek lebih dekat ke Anda. Zoom Digital seperti menggunakan fungsi zoom dalam paket perangkat lunak pengedit gambar. Memperbesar bagian gambar agar tampak lebih dekat dengan Anda.

Semua yang dapat Anda lakukan dengan zoom digital, dapat Anda lakukan dengan suite pengeditan foto, jadi jangan menghabiskan banyak uang untuk kamera digital zoom saja. Terkadang Anda juga akan mengiklankan “zoom total”, yang berarti bahwa angka yang dikutip di sini adalah perbesaran zoom optik yang ditambahkan ke perbesaran zoom digital. Coba temukan hanya tingkat pembesaran zoom optik untuk nilai kamera yang sebenarnya.

Ukuran Bukaan

Kami mungkin melangkah lebih jauh di sini daripada yang mungkin Anda pedulikan, tetapi perhatikan kami karena ukuran aperture dapat memberi dampak besar pada foto Anda. Ukuran aperture menentukan dengan tepat berapa banyak cahaya yang masuk ke kamera saat foto Anda diambil. Pikirkan diafragma sebagai iris mata Anda. Ini tidak sepenting yang Anda kira, tetapi memiliki lebih banyak cahaya memungkinkan Anda mengambil foto yang lebih baik dalam berbagai kondisi pencahayaan, hari berawan adalah contoh sempurna.
Dengan bukaan yang cukup lebar, Anda akan membutuhkan lebih sedikit lampu kilat, secara pribadi saya tidak suka menggunakan fungsi lampu kilat, cahaya buatan tidak selalu sesuai dengan foto yang Anda coba ambil. Efek seperti mata merah juga umum terjadi.

PILIHAN |  REDMI NOTE 11 PRO INDONESIA - INILAH DETAIL SPESIFIKASI

Kecepatan Rana

Efek indah dapat dibuat pada gambar menggunakan berbagai kecepatan rana. Dalam hal kecepatan rana, yang harus Anda cari saat membeli kamera digital yang bagus adalah jangkauan terluas yang dapat Anda temukan. Ini akan memberi Anda kesempatan terbaik untuk memanipulasi gambar seperti yang Anda inginkan. Kecepatan rana yang digabungkan dengan bukaan proaktif dapat menghidupkan gambar atau membekukan gambar secara instan.

Teknik ini bagus jika Anda ingin mendapatkan objek bergerak persis seperti yang terlihat, seolah-olah diam. Mengatur kecepatan rana ke pengaturan yang lebih lambat memberikan CCD lebih banyak eksposur (perangkat yang diisi daya – setara digital film). Efeknya adalah gambar tampak hampir mengalir. Objek bergerak agak kabur. Anda mungkin berpikir itu hal yang buruk, tetapi membiarkan kecepatan rana lebih lama akan melembutkan gambar dan memberikan tampilan yang menyenangkan jika Anda mengambil contoh air yang mengalir, seperti penampakan air terjun dalam kehidupan nyata.

PILIHAN |  Komputer di Setiap Meja?

Anda dapat mengambil fotografi digital secara ekstrem dengan kamera dengan rentang kecepatan rana yang sangat luas. Dengan kecepatan rana yang sangat lambat, Anda dapat mengekspos CCD ke periode cahaya yang lama dan mendapatkan aliran yang stabil, seperti pemandangan lalu lintas terkenal di mana lampu depan menyatu.

Media Penyimpanan

Kamera Digital memiliki slot untuk berbagai kartu media. Periksa jenis media penyimpanan yang dibutuhkan kamera Anda saat Anda membelinya. Ada beberapa tipe populer, termasuk Smart Media, compact flash, dan kartu gambar xD. Selama Anda tahu apa tipe Anda, Anda harus bisa melakukannya dengan aman dengan tipe yang tepat. Selalu tanyakan toko lokal Anda jika Anda tidak yakin. Jika Anda memberi mereka merek dan model Anda, mereka seharusnya bisa mengarahkan Anda ke arah yang benar.

Ukuran kartu media yang Anda pilih tergantung pada anggaran Anda, tetapi ambil sebanyak yang Anda mampu. Lebih banyak memori berarti Anda tidak perlu mengganti kartu media dan Anda selalu dapat mengambil foto dengan kualitas terbaik. Setelah Anda mulai menggunakan kamera secara teratur, Anda akan segera mengetahui manfaat memiliki banyak penyimpanan.

Hal yang baik tentang media kamera adalah, seperti film, jika habis, Anda dapat menambahkan yang lain jika Anda memilikinya. Mengunduh gambar ke PC mungkin sedikit menyusahkan, tetapi jauh lebih tidak menyakitkan daripada harus menghapus beberapa gambar karena Anda kehabisan ruang pada kartu media Anda. inilah ulasan tentang dasar-dasar kamera digital, semoga bermanfaat.

Check Also

9 Tahun CPU AMD: Dari AMD FX hingga Ryzen 5000 Series

AMD FX hingga Ryzen 5000 Series – Baru-baru ini kami melihat secara menarik seberapa banyak …