peradaban islam mulai masuk ke nusantara secara cepat dan menggantikan peradaban hindu-buddha. ada beberapa metode yang digunakan dalam penyebaran islam di nusantara yaitu

peradaban islam mulai masuk ke nusantara secara cepat dan menggantikan peradaban hindu-buddha. ada beberapa metode yang digunakan dalam penyebaran islam di nusantara yaitu perdagangan, pernikahan, pendidikan, seni budaya, dakwah, dan tasawuf. di antara metode penyebaran islam di nusantara, manakah yang paling memengaruhi penyebaran islam? jelaskan alasannya!

Jawaban

Jawaban: perdagangan

Simak pembahasan berikut.

Dijelaskan oleh J. C. van Leur bahwa motif ekonomi merupakan faktor penting masyarakat Indonesia mulai beragama Islam. Hal ini berkaitan dengan kerja sama serta hubungan saling menguntungkan antara penguasa lokal dan pedagang Islam itu sendiri. Penguasa lokal menyadari bahwa memeluk Islam akan mempengaruhi peningkatan kegiatan perdagangan di wilayahnya.

Penguasa lokal akan memperoleh kekuasaan untuk menguasai sumber ekonomi yang disediakan oleh pedagang muslim dan pedagang muslim mendapat perlindungan dan konsesi dagang dari penguasa lokal.

PILIHAN |  Aksesoris iPhone terbaik untuk Pembisnis Profesional

Rakya yang saat itu masih dipengaruhi oleh Hindu-Buddha masih menganggap bahwa apa yang dipercaya oleh Raja merupakan hal yang baik sehingga dikala Raja memeluk Islam maka seluruh rakyat di wilayah tersebut juga akan memeluk Islam.

Dengan demikian, metode yang paling mempengaruhi penyebaran Islam adalah perdagangan.

 

Pertanyaan Lain :

PILIHAN |  Sekilas tentang Kamera Video Digital

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :

PILIHAN |  6 ALASAN KENAPA HARUS BELI XIAOMI REDMI NOTE 11 PRO

Daftar Isi

Check Also

Samsung Galaxy Z Flip3 Bisa Memindahkan Data WA dari iPhone

Samsung Galaxy Z Flip3 Bisa Memindahkan Data WA dari iPhone

Bisa Memindahkan Data WA dari iPhone – Samsung Galaxy Z Flip3  Ini HP yang lebih …