Investasi dan Perencanaan Keuangan Yang Benar

Investasi dan perencanaan keuangan yang benar

Investasi dan Perencanaan Keuangan – Apa sebenarnya perencanaan keuangan itu, dan mengapa begitu penting?. Perencanaan keuangan adalah proses menentukan bagaimana mengelola uang, investasi, tujuan keuangan sekarang dan masa depan, dan strategi yang harus dilakukan untuk mendapatkannya.

Karena tujuan dan keinginan kita berubah seperti yang kita lakukan, perencanaan keuangan dan investasi adalah tugas yang tidak pernah selesai. Bagaimana kita mampu secara finansial untuk mencapai tujuan-tujuan ini, dan risiko yang bersedia kita ambil untuk mencapainya, tentu berarti bahwa setiap rencana keuangan harus dirancang khusus untuk individu atau keluarga.

Perencanaan keuangan dimulai dengan mempertimbangkan aset dan kewajiban setiap individu pada titik waktu tertentu. Kategori aset mencakup semua jenis asuransi jiwa dan investasi moneter, bersama dengan aset fisik seperti rumah, mobil, dan barang-barang lainnya.

Kewajiban dapat berkisar dari pinjaman pribadi, hutang kartu kredit, dan pinjaman yang diambil untuk mendapatkan aset keras, seperti hipotek.

Berikutnya adalah di mana sumber pendapatan berkelanjutan dan peningkatan kekayaan aset keras masuk ke dalam persamaan. Penghasilan biasanya diperoleh dari pekerjaan, tetapi sumber lain, seperti kemungkinan warisan, juga harus dipertimbangkan.

Peningkatan kekayaan aset keras, seperti kenaikan harga rumah, akan dipengaruhi oleh kondisi ekonomi umum serta peningkatan pemilik.

Dari sini, segalanya menjadi lebih rumit, dan di sinilah perencanaan yang sebenarnya dimulai!. Tahap tertentu dalam hidup kita , baik kita muda, tua, atau di tengah-tengah biasanya akan menuntun kita untuk menginginkan serangkaian tujuan tertentu.

Perencana keuangan sering memecah siklus hidup kita menjadi fase-fase yang berbeda. Fase mana kita berada sering ditentukan oleh usia tetapi juga akan ditentukan oleh seberapa besar risiko yang bersedia kita tanggung.

PILIHAN |  Cara Tapat Memulai Investasi Bagi Pemula

Orang yang lebih muda paling sering digambarkan berada dalam fase akumulasi. Penghasilan mereka belum mencapai puncaknya, tetapi pada saat yang sama mereka berusaha untuk mendapatkan aset keras dan lunak.

Contohnya di sini termasuk menabung untuk rumah baru atau pendidikan anak. Risiko yang diasumsikan di sini akan dibatasi oleh batasan waktu dari tujuan-tujuan ini serta toleransi risiko individu. Secara umum, semakin lama jangka waktunya, semakin banyak investasi dalam kategori agresif dapat dipertimbangkan.

Fase lainnya meluas ke usia paruh baya dan seterusnya hingga pensiun. Tahun-tahun paruh baya kita sering menemukan kita di puncak kekuatan penghasilan kita, dengan banyak dari tujuan kita sebelumnya terpenuhi.

Ini berarti penghematan yang lebih besar dimungkinkan, dan seiring berjalannya waktu menuju masa pensiun, toleransi kita terhadap risiko tentu akan berkurang.

Perencanaan keuangan memperhitungkan semua ini dan banyak lagi. Faktor-faktor lain, termasuk perencanaan untuk perawatan kesehatan dan kebutuhan asuransi lainnya, persiapan untuk pengeluaran darurat, pajak dan perencanaan perumahan dan sejenisnya semuanya akan menjadi bagian dari strategi.

Rejeki tak terduga juga dapat masuk ke dalam gambar. Menabung untuk masa pensiun menjadi semakin penting karena waktu pendapatan yang diperoleh akan berakhir semakin dekat.

Semua variabel ini menambah pentingnya perencanaan keuangan di semua tahap kehidupan seseorang. Ini adalah konsep yang mencakup gambaran keuangan total Anda — baik di masa sekarang maupun di masa depan.

PILIHAN |  Cara investasi emas terbaik dan menguntungkan

Demikian cara Investasi dan Perencanaan Keuangan yang benar, semoga bermanfaat.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci : Perencanaan Keuangan ,Perencanaan Keuangan Syariah ,Perencanaan Keuangan Pribadi ,Perencanaan Keuangan Pdf ,Perencanaan Keuangan Usaha ,Perencanaan Keuangan Keluarga ,Perencanaan Keuangan Jangka Pendek ,Perencanaan Keuangan Adalah ,Perencanaan Keuangan Perusahaan ,Perencanaan Keuangan Desa ,Perencanaan Keuangan Keluarga Pdf

You May Also Like

About the Author: administrator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *