cara memulai investasi

Cara Tapat Memulai Investasi Bagi Pemula

Cara Tapat Memulai Investasi – Saat ini investasi menjadi banyak pilihan bagi kaum milenial untuk menjamin kehidupan di masa tua, akan tetapi tidak semua tahu cara memulai investasi dan apa saja yang harus dilakukan jika ingin ivestasi yang menguntungkan.

Berikut Cara Tapat Memulai Investasi Bagi Pemula

Definisi investasi

Investasi adalah pembelian yang dilengkapi dengan uang yang berpotensi menghasilkan pendapatan atau keuntungan. Hal-hal yang secara alami kehilangan nilai dari waktu ke waktu dan dengan penggunaan bukanlah investasi.

Investor adalah orang atau badan yang mengeluarkan modal untuk menghasilkan pendapatan atau mendapatkan keuntungan. Berinvestasi adalah tindakan mengeluarkan modal dengan harapan pendapatan atau keuntungan. Investasi pribadi adalah membeli sekuritas keuangan atau properti untuk tujuan menghasilkan keuntungan.

Apa kategori utama investasi?

Ada tiga kategori utama ketika Anda mempertimbangkan investasi. Setiap kategori dipecah menjadi berbagai peluang yang mungkin sesuai dengan rencana keuangan Anda.

Investasi terkait ekuitas mencakup saham, opsi, derivatif, modal ventura, dana indeks, dan lain-lain.

Investasi berisiko rendah termasuk obligasi, CD, dan rekening tabungan. Obligasi adalah ketika Anda membeli hutang yang diharapkan akan dilunasi. Karena mereka dianggap berisiko rendah, mereka cenderung memberikan imbalan yang lebih rendah.

Beberapa contoh investasi tunai atau setara kas termasuk rekening tabungan berbunga atau dana pasar uang.

Portofolio adalah istilah yang mengacu pada koleksi aset khusus Anda. Ini mungkin termasuk jenis sekuritas berikut:

  • Saham
  • Obligasi
  • Reksa dana
  • Dana pasar uang
  • Dana yang diperdagangkan di bursa

Lainnya mendefinisikan investasi sebagai termasuk real estat, benda berharga, dan seni. Ini termasuk hal-hal yang berpotensi untuk dihargai dari waktu ke waktu.

Investor Amerika

Sekitar 60% orang Amerika memiliki sekuritas melalui IRA mereka, rencana pensiun yang disponsori majikan, atau akun kena pajak. Namun, hanya 30% orang Amerika yang memiliki sekuritas di rekening kena pajak. Menurut Statista, 55% orang Amerika berinvestasi di pasar saham.

Jenis investasi

Ada beberapa jenis investasi yang berbeda yang harus Anda ketahui. Saham adalah surat berharga yang mewakili bagian dari perusahaan yang Anda miliki. Mereka dijual oleh perusahaan kepada pemegang saham. Bisnis kemudian menggunakan uang yang diperolehnya untuk mendanai operasinya. Pemegang saham menerima dividen berdasarkan kinerja perusahaan dan pendapatan dalam bentuk kompensasi moneter.

Saham biasa adalah saham yang memberi Anda hak untuk memilih Anda dalam rapat pemegang saham. Sebaliknya, saham preferen adalah saham yang membayar Anda jumlah dividen yang telah ditentukan tetapi tidak memberi Anda hak untuk memberikan suara pada rapat pemegang saham.

Obligasi adalah jenis surat berharga yang umumnya dianggap berisiko rendah. Mereka mengizinkan entitas lain untuk meminjam uang dari Anda dan membayar Anda dengan tingkat bunga tetap. Pemerintah atau perusahaan yang berutang utang kepada Anda membayar Anda ketika obligasi Anda jatuh tempo.

Reksa dana berisi kumpulan uang dari banyak orang. Uang reksa dana diinvestasikan dalam berbagai jenis sekuritas, termasuk saham, obligasi, dana pasar uang, dan aset lainnya. Dana indeks adalah jenis reksa dana yang berpegang erat pada aturan yang telah ditetapkan. Ini membuatnya lebih mudah untuk melacak investasi tertentu.

Dana yang diperdagangkan di bursa adalah jenis dana indeks khusus yang mencoba mencocokkan kinerja indeks yang dipilih sebelumnya seperti S&P 500. Banyak akun 401(k) melalui pemberi kerja berinvestasi di reksa dana yang berbeda.

PILIHAN |  Kenali Risiko Investasi Reksadana

Opsi adalah investasi yang didasarkan pada potensi transaksi di masa depan. Investor memiliki kontrak yang memungkinkan mereka untuk memiliki hak untuk memperdagangkan aset di lain waktu dengan harga tertentu.

Akun pensiun, seperti akun IRA dan 401 (k), adalah rencana yang diuntungkan pajak yang dirancang untuk membantu orang mempersiapkan masa depan dan pensiun mereka. Akun dapat dikaitkan dengan berbagai kendaraan investasi yang meningkatkan nilainya.

Investasi real estat adalah pembelian tanah atau properti berwujud, seperti rumah pribadi atau kavling komersial.

Reksa dana pasar uang memiliki risiko yang relatif kecil. Secara hukum, mereka hanya berinvestasi dalam investasi jangka pendek dan berkualitas tinggi yang dikeluarkan oleh perusahaan AS dan pemerintah federal, negara bagian, dan lokal.

Investasi alternatif adalah istilah umum yang digunakan untuk opsi investasi yang tidak termasuk dalam kategori saham, obligasi, atau tunai. Perwalian investasi real estat atau REIT adalah perusahaan publik atau swasta yang memiliki properti nyata yang menghasilkan pendapatan. Komoditas adalah produk pertanian atau bahan baku yang dapat diperjualbelikan seperti kopi, teh, atau minyak. Logam mulia adalah logam dengan nilai tinggi yang dapat diperjualbelikan. Ini termasuk emas, paladium, dan perak.

Hedge fund merupakan jenis alternatif pilihan investasi. Mereka mengumpulkan uang investor mereka dan menggunakan banyak taktik untuk mencoba memberi mereka pengembalian. Dana ekuitas swasta berinvestasi langsung di perusahaan. Mereka mungkin membeli bisnis swasta atau membeli saham pengendali dari perusahaan publik.

Investor

Cara Tapat Memulai Investasi Bagi Pemula perlu diketahui, sebelum memulai, Anda perlu mengetahui berbagai jenis investor. Trader aktif memiliki tujuan untuk mendapatkan keuntungan jangka pendek melalui pembelian dan penjualan terus-menerus dari berbagai jenis investasi. Manfaat dari perdagangan aktif termasuk bahwa investasi disesuaikan dengan kondisi pasar yang berlaku untuk mengelola risiko investasi. Mungkin juga ada peluang jangka pendek yang dapat dimanfaatkan oleh pedagang jangka pendek.

Pedagang aktif cenderung membayar biaya tinggi karena mereka membayar biaya per perdagangan dan biaya transaksi lainnya. Namun, biaya yang mereka bayar untuk tongkat perdagangan rendah.

Pedagang pasif memiliki tujuan membangun kekayaan dari waktu ke waktu dan meminimalkan pembelian dan penjualan mereka. Mereka membeli dan menahan sekuritas dan percaya pada manfaat kepemilikan jangka panjang. Pendekatan ini bisa sangat bermanfaat, terutama bila ada diversifikasi yang baik, meskipun ini tidak melindungi dari penurunan nilai. Manfaat perdagangan pasif termasuk biaya yang lebih rendah dan efisiensi pajak yang lebih besar.

Karena mereka tidak terus-menerus membeli dan menjual, pedagang pasif tidak perlu khawatir membayar banyak komisi dan biaya manajemen. Karena mereka memegang sekuritas mereka untuk jangka panjang, mereka umumnya tidak perlu khawatir tentang pajak capital gain tahunan yang besar.

Trader pasif dapat membayar biaya lebih tinggi jika mereka memilih broker yang membebankan biaya manajemen dan komisi yang lebih tinggi. Mereka mungkin membayar lebih rendah atau tanpa biaya ketika mereka memilih broker yang mengenakan biaya rendah atau tanpa biaya untuk berinvestasi. Investor semi-pasif memilih broker yang tidak membebankan biaya manajemen atau komisi tetapi memungkinkan lebih banyak aktivitas perdagangan seperti platform investasi do-it-yourself. Meneliti pialang online juga terbukti bermanfaat bagi pedagang aktif yang ingin mengendalikan investasi mereka dan mengurangi biaya mereka.

PILIHAN |  Investasi dan Perencanaan Keuangan Yang Benar

Risiko investasi

Toleransi risiko individu Anda adalah jumlah variabilitas dan fluktuasi yang dapat Anda tangani dalam investasi Anda. Semakin tinggi toleransi risiko, semakin agresif Anda, dan tingkat pengembalian yang diharapkan akan lebih tinggi.

Orang yang agresif menggunakan proposisi risiko tinggi dan imbalan tinggi. Misalnya, saham dengan risiko investasi yang tinggi biasanya memiliki sensitivitas yang lebih besar terhadap pasar secara keseluruhan dan juga memiliki beta yang lebih tinggi. Jenis saham ini secara konsisten mengalami variasi yang lebih besar dibandingkan dengan pasar secara keseluruhan.

Orang yang memiliki toleransi risiko sedang memiliki cakrawala waktu untuk berinvestasi lebih dari lima tahun. Orang konservatif memilih saham defensif dengan beta yang lebih rendah karena mereka agak terisolasi dari dampak pergerakan luas di pasar.

Saham siklis, di sisi lain, adalah yang paling sensitif terhadap siklus bisnis ekonomi yang mendasarinya. Manfaat membeli saham siklis adalah mereka menawarkan tingkat perlindungan ekstra terhadap peristiwa yang merugikan.

Untuk meminimalkan risiko, Anda dapat memanfaatkan alokasi aset dalam portofolio Anda. Ini mengacu pada pembagian aset modal dengan cara yang menyeimbangkan risiko dan manfaat.

Biaya

Biaya adalah uang yang dibebankan ke akun Anda yang akan muncul di kontrak dan pernyataan Anda. Komisi dibebankan oleh pialang sebagai imbalan mereka menempatkan perdagangan atas nama pemegang akun. Biaya manajemen adalah untuk mengelola sekuritas Anda. Biaya transaksi adalah untuk setiap kali Anda membeli atau menjual sekuritas. Biaya tahunan adalah biaya tahunan untuk menjaga akun Anda tetap terbuka.

Berbagai biaya dapat menambah dan mengimbangi pengembalian. Penting untuk membaca laporan Anda dan mengetahui semua biaya perantara. Biaya lain yang harus diperhatikan adalah rasio pengeluaran. Ini adalah biaya tahunan yang dinyatakan sebagai persentase dari investasi Anda. Itu melekat pada reksa dana, dana yang diperdagangkan di bursa, dan dana indeks. Ini secara substansial dapat menurunkan pengembalian portofolio Anda.

Pengembalian investasi (ROI)

Laba atas investasi Anda mewakili keuntungan finansial atau persentase profitabilitas dari investasi selama periode waktu tertentu. Ini digunakan dalam keuangan untuk membandingkan efisiensi investasi yang berbeda dan juga digunakan bersama dengan metode lain untuk mengukur pengembalian Anda. Anda juga dapat menghitung ROI Anda dengan menggunakan kalkulator ROI.

Teliti investasi Anda

Riset membantu Anda tetap terinformasi tentang investasi dan pasar. Untuk tetap mengikuti informasi terbaru, Anda harus membaca buku investasi terbaik, blogger investasi terbaik, dan situs web investasi dan keuangan terbaik.

Bersikaplah realistis terhadap ekspektasi kinerja yang Anda miliki tentang investasi terbaik untuk Anda. Harapan dan tujuan Anda seharusnya bukan tentang bagaimana menjadi kaya dengan cepat tetapi harus berfokus pada bagaimana menjadi kaya secara perlahan. Anda harus mengambil pandangan jangka panjang, dan Anda harus berinvestasi sedini mungkin dan sebanyak yang Anda bisa. Banyak investasi cepat kaya yang curang, jadi Anda harus berhati-hati terhadapnya.

Bagaimana memulai investasi

Cara Tapat Memulai Investasi Bagi Pemula. Untuk memulai, Anda perlu menentukan tujuan dan strategi investasi Anda. Ketahui apa tujuan keuangan Anda dan tingkat toleransi risiko Anda. Anda juga perlu mengetahui apa kebutuhan arus kas Anda, yaitu berapa banyak uang yang Anda perlukan untuk mendanai investasi Anda.

Penting juga untuk mengetahui implikasi pajak dari strategi Anda sehingga Anda memilih pendekatan yang paling efisien. Bandingkan insentif yang ditawarkan serta biaya yang dibebankan oleh broker yang berbeda.

PILIHAN |  5 Keuntungan Investasi Emas Batangan, Bagus untuk Dicoba

Lihatlah layanan yang ditawarkan. Penasihat Robo adalah program komputer yang diprogram untuk memberi saran kepada orang-orang yang berinvestasi berdasarkan kebutuhan dan tujuan keuangan mereka. Robo-advisor berbiaya rendah dan meminimalkan kerugian pajak dari orang yang menggunakannya untuk berinvestasi. Klien dapat mengatur dan mengedit preferensi mereka, cakrawala waktu, tujuan, dan tingkat toleransi risiko.

Penasihat Robo mudah diakses dan meminimalkan potensi kesalahan manusia. Mereka memberikan panduan investasi dan manajemen portofolio. Banyak yang menawarkan akses ke penasihat manusia ketika Anda memiliki pertanyaan. Mereka bagus ketika Anda baru memulai atau jika situasi Anda tidak rumit. Minimum akun sangat rendah.

Pilih perusahaan pialang Anda atau transfer ke pialang baru untuk memulai. Lengkapi aplikasi Anda dan sesuaikan investasi Anda. Pastikan Anda melakukan diversifikasi secara luas. Diversifikasi adalah tindakan memasukkan berbagai jenis kelas aset dalam portofolio Anda, dan dapat berfungsi sebagai lindung nilai terhadap risiko.

Pilih investasi yang sesuai dengan tujuan dan sasaran Anda. Terakhir, tinjau dan seimbangkan kembali portofolio Anda seperlunya.

Mempelajari arti investasi seperti ETF dan jenis lainnya adalah penting agar Anda dapat memulai di jalur Anda sendiri. M1 Finance dapat membantu Anda mempelajari cara mengidentifikasi investasi terbaik saat Anda menyusun portofolio.

Investor cerdas memilih M1 Finance

M1 Finance memudahkan investor yang ingin mengendalikan masa depan keuangan mereka. Anda dapat memulai hari ini secara gratis. Lengkapi aplikasi online dan kemudian sesuaikan portofolio Anda untuk memenuhi kebutuhan Anda dengan memilih sekuritas yang Anda inginkan dan memberikan persentase kepada mereka. M1 Finance tidak membebankan biaya atau komisi manajemen, memungkinkan Anda untuk berinvestasi tanpa kompromi.

Dengan M1, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya apa pun untuk berinvestasi. Sebagian besar prosesnya otomatis, membantu mengungkapnya. Alat investasi pemenang penghargaan M1 memungkinkan uang Anda tumbuh secara otomatis sambil meminimalkan beban pajak. M1 Finance memberi Anda kekuatan untuk mempelajari cara mengelola uang Anda, menaklukkan diversifikasi, dan berpotensi membantu menghasilkan lebih banyak.

M1 menggabungkan keahlian inovatif bersama dengan teknologi canggih untuk membantu membuat kebiasaan finansial yang baik menjadi mudah. Anda dapat menyesuaikan akun saham dan ETF Anda sendiri atau memilih dari lebih dari 80 portofolio yang dibuat oleh ahli yang disesuaikan untuk memenuhi tujuan dan kebutuhan khusus Anda. Tidak ada alasan untuk membayar seseorang untuk membangun akun Anda ketika Anda dapat membuatnya sendiri.

M1 memberdayakan Anda melalui platform canggih yang dirancang untuk membuat investasi dapat diakses oleh semua orang dengan menyediakan akses yang mudah dipahami kapan saja dan di mana saja. Alat M1 menghemat waktu Anda dengan menyeimbangkan kembali alokasi Anda secara dinamis dan secara otomatis menginvestasikan kembali dividen Anda. Ini membantu menjaga semuanya tetap pada jalurnya untuk membantu Anda mencapai tujuan Anda.

Inilah Cara Tapat Memulai Investasi Bagi Pemula. Terima kasih semoga bermanfaat.

 

Check Also

Cara Mendeteksi Modus Penipuan Investasi Skema Ponzi

Cara Mendeteksi Modus Penipuan Investasi Skema Ponzi

Mendeteksi Modus Penipuan Investasi Skema Ponzi – Saat ini lebih banyak masyarakat yang semakin sadar …