batuk kering

5 Cara Ampuh Mengatasi Batuk Kering

5 Cara Ampuh Mengatasi Batuk Kering. Pada perubahan cuaca seperti ini Batuk menjadi masalah kesehatan yang sangat sering terjadi. Namun kondisi seperti ini biasanya muncul gejala sebelum terserang flu.

Terlebih saat pandemi covid-19 seperti ini perlu kewaspaan lebih untuk menjaga kesehatan.

Ada beberapa jenis batuk, tetapi paling sering muncul adalah batuk kering dan batuk berdahak.
Jika batuk berdahak biasanya diikuti kelurnya lendiri ketika dahak dan batuk kering adalah sebaliknya, batuk yang tidak diikuti dengan munculnya dahak atau lendir. Penyebabnya cukup beragam, mulai dari flu, alergi sampai kebiasan merokok yang berlebihan, paparan debu juga bisa menyebabkan batuk kering.

Baca Juga |  Memerangi Kolesterol Tinggi

PENANGANAN BATUK KERING SECARA ALAMI

Berikut ini adalah cara yang dapat digunakan untuk meringankan batuk kering :

1. Air Putih Hangat

Air Putih Hangat
Obat batuk Kering : 1 Air Putih Hangat

Cara ini sudah paling populer di masyarakat, bahwa air putih hangat bisa membantu meringankan batuk kering serta menjadi penanganan yang paling sederhana. Ini sekaligus sebagai upaya mengurangi kekurangan air ditubuh kita karena tubuh memerlukan asupan cairan ketika udara sedang begitu kering guna menjaga kelembabab tenggorokan. Konsumsi air minimal sebanyak 8 sampai 12 gelas per hari. Jika sedang batuk kering hindari minum air dingin.

Baca Juga |  Penuaan yang Sehat adalah tidur yang nyenyak

2. Madu
Sudah banyak yang tidak meragukan khasiat dari madu, sangat dipercaya banyak orang untuk meringankan batuk berdahak. Bahkan madu disinyalir lebih efektif meringankan masalah kesehatan ini dibandingkan dengan obat lainnya. Madu bisa ditambahkan ke dalam minuman hangat seperti teh, air lemon atau air putih. Tapi perlu diperhatikan jangan berikan madu pada bayi dibawah satu tahun.

Baca Juga |  Mengatasi Diabetes untuk Menikmati Penuaan

3. Makanan Kaya akan Probiotik
Mengonsumsi makanan kaya akan probiotik bisa menguatkan sistem imunitas tubuh yang tidak berfungsi optimal penyebab batuk kering. Makanan probiotik juga bisa membantu mengurangi infeksi saluran pernapasan pada anak.
Probiotik memang tidak menyembukan akan tetapi bisa bertugas menjaga keseimbangan imunitas tubuh. Sumber makanan probiotik diantaranya keju, yogurt dan tempe.

Baca Juga |  Subsidi Gaji 1 Juta Cair, Cek Syaratnya

4. Air Garam
Cara lain untuk meringankan batuk kering dengan air garam dengan cara berkumur. Cara ini mampu membantu meredakan rasa gatal di tenggorokan penyebab batuk. Campurkan setengah atau seperempat sendok teh garam dengan secangkir air hangat. Cara ini tidak diancurkan untuk anak masih dibawah usia 6 tahun.

5. Jahe
Penyebab batuk kering salah satunya adalah radang tenggorokan dan naiknya asam lambung. Jika itu terjadi, jahe bisa sebagai obat alami untuk mengatasinya. Jahe mampu mengurangi asal lambu berlebih sekaligus meringankan gejala flu seperti batuk.

Baca Juga |  Pengendalian Penyakit pada Penuaan yang Sehat

Inilah 5 cara ampuh mengatasi batuk kering, Jika batuk kering tetap berlanjut setelah mencoba cara di atas, maka saatnya bertanya pada dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci : cara alami mengobati batuk kering,mengobati batuk kering pada bayi,mengobati batuk kering pada balita,mengobati batuk kering pada anak,mengobati batuk kering dan gatal,mengobati batuk kering,cara mengobati tenggorokan gatal dan batuk kering,cara mengobati batuk kering yang tak kunjung sembuh,cara mengobati batuk kering secara alami,cara mengobati batuk kering pada ibu hamil,cara mengobati batuk kering pada bayi,cara mengobati batuk kering pada anak,cara mengobati batuk kering dengan jeruk nipis,cara mengobati batuk kering dengan cepat,cara mengobati batuk kering dan gatal,cara mengobati batuk kering,cara cepat mengobati batuk kering,cara ampuh mengobati batuk kering,mengobati batuk kering secara alami

Check Also

Bagaimana Komunikasi Mempromosikan Penuaan yang Sehat

Bagaimana Komunikasi Mempromosikan Penuaan yang Sehat

Mempromosikan Penuaan yang Sehat – Sebaiknya sering berkomunikasi dengan manajer layanan kesehatan Anda. Dengan sering …