MANFAAT VITAMIN D

Manfaat Vitamin D Menahan Covid-19

Sejak Pandemi melanda dunia, banyak sekali para ilmuwan bergerak melakukan penelitan tentang cara menangani pendemi ini, salah satunya adalah terkat manfaat vitamin D menahan covid-19. Lantas benarkan Vitamin D ini mampu melawan covid-19?.

Sudah banyak yang mengetahui vitamin D adalah salah satu jenis vitamin yang dapat dengan mudah kita dapatkan, karena sumber utama vitamin d salah satunya adalah dari sinar matahari. Namun apakah hanya dengan berjemur sama kita bisa melawan covid-19 ini? yang artinya benar kah vitamin D dapat melumpuhkan virus covid-19?
Dilansir dari Scientific American, seorang ilmuwan bernama Dr David Meltzer dari University of Chicago menyebutkan bahwa orang dengan tingkat vitamin D yang tinggi lebih kecil kemungkinannya untuk terinfeksi Covid-19. Daripada orang dengan tingkat vitamin D di bawahnya atau cukup.

Baca Juga |  Mengatasi Diabetes untuk Menikmati Penuaan

Dari pernyataan ini semakin diperkuat dengan adanya study skala kecil penderita Covid-19 di Spanyol. Dari studi tersebut ditemukan bahwa lebih dari 80 persen orang kekurangan Vitamin D dibanding 47 persen populasi umum. Namun, tidak ditemukan hubungan antar kadar Vitamin D dan tingkat keparahan penyakit.

Selain itu, Drenos seorang peneliti dari Inggris melihat bahwa vitamin D yang dimiliki oleh keturunan Eropa di Biobank yang lebih tinggi tidak menunjukkan efek pencegahan terhadap risiko infeksi SARS dan keparahan COVID-19.

Baca Juga |  Contoh Penuaan Tubuh yang Sehat

Dari beragam penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa belum ada bukti pasti yang mengarah keampuhan vitamin D untuk melawan covid. Hanya diyakini dengan vitamin D sedikit lebih kebal dari virus.
Penelitian ini sebagian besar masih studi obsevasional, bukan uji terkontrol secara acak. oleh karena itu, masih dibutuhkan penelitian lanjutan untuk memastikan efektifitas vitamin D melawan covid-19.

Baca Juga |  Kegiatan Mempromosikan Penuaan yang Sehat

“Saya tetap berpikiran terbuka. Saya percaya bahwa uji coba besar yang terkontrol dengan baik akan menjadi standar emas, tetapi ini membutuhkan waktu,” ujar Drenos.

Meski begitu, kebutuhan vitamin D dalam tubuh tetap harus terpenuhi. Karena dengan kekurangan vitamin D dapat menyebabkan beberapa gangguan kesehatan seperti Diabetes, Ganguan sistem kekebalan tubuh hingga pembekuan darah.

Baca Juga |  Pengendalian Penyakit pada Penuaan yang Sehat

Kandungan vitamin D yang rendah dalam tubuh dikaitkan dengan risiko terjadinya pneumonia dan infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) akibat virus. Maka dari itulah untuk menguatkan tubuh kita agar tidak mudah terkena covid-19, dianjurkan tidak ada salahnya untuk berjemur. Selain itu sumber Vitamin D juga dapat diperoleh dari berbagai macam makanan seperti ikan salmon, daging merah hingga kuning telur. terlepas pro kontra tentang Manfaat Vitamin D Menahan Covid-19 tapi ada baiknya kita coba.

Baca Juga |  Bagaimana Komunikasi Mempromosikan Penuaan yang Sehat
Pencarian Berdasarkan Kata Kunci : manfaat vitamin d untuk wanita,manfaat vitamin d bagi tubuh adalah,manfaat vitamin d bagi tubuh manusia adalah untuk mencegah penyakit,manfaat vitamin d bagi tulang,manfaat vitamin d dalam daging dan minyak hati ikan adalah,manfaat vitamin d dari matahari,manfaat vitamin d ipi,manfaat vitamin d nutrimax,manfaat vitamin d untuk anak,manfaat vitamin d bagi tubuh,manfaat vitamin d bagi pria,manfaat vitamin d bagi manusia,apa manfaat vitamin d bagi tubuh,apa manfaat vitamin d bagi tubuh brainly,apa manfaat vitamin d bagi tulang,fakta terbaru manfaat vitamin d,manfaat vitamin d,manfaat vitamin d 1000 iu,manfaat vitamin d 5000 iu,manfaat vitamin d adalah

Check Also

Bagaimana Komunikasi Mempromosikan Penuaan yang Sehat

Bagaimana Komunikasi Mempromosikan Penuaan yang Sehat

Mempromosikan Penuaan yang Sehat – Sebaiknya sering berkomunikasi dengan manajer layanan kesehatan Anda. Dengan sering …