Kunci Jawaban Soal

Unit struktural dan fungsional terkecil penyusun makhluk hidup disebut …

Unit struktural dan fungsional terkecil penyusun makhluk hidup disebut ….

a. sel
b. atom
c. organ
d. molekul
e. jaringan

Jawaban

pilihan jawabanya yang tepat adalah A.

Pembahasan

Sel merupakan unit (satuan,zarah) terkecil dari makhluk hidup yang dapat melaksanakan kehidupan. Sel disebut sebagai unit terkecil karena sudah tidak dapat dibagi-bagi lagi menjadi bagian yang lebih kecil yang dapat berdiri sendiri.

Sel dapat melakukan proses kehidupan, seperti melakukan respirasi, perombakan, penyusunan, reproduksi melalui pembelahan sel dan peka terhadap rangsangan. Secara struktural, tubuh makhluk hidup tersusun dari sel-sel sehingga sel disebut satuan struktural makhluk hidup.

PILIHAN |  Reformasi merupakan upaya untuk mengembalikan tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara sesuai dengan yang diamanahkan dalam Pancasila dan UUD 1945

Secara fungsional, tubuh makhluk hidup dapat menyelenggarakan kehidupan jika sel-sel penyusunnya berfungsi. Jadi, kegiatan tiap-tiap sel itulah yang membetuk organisme. Oleh karna itu, sel disebut juga sebagai satuan fungsional makhluk hidup. Semua sel makhluk hidup mampu berkembang biak untuk memperbanyak diri.

PILIHAN |  Di bawah ini yang tidak termasuk dalam jaringan penyokong adalah . . . .

Perkembangbiakan itu dilakukan melalui pembelahan sel. Pembelahan sel dilakukan baik oleh organisme bersel satu maupun oleh sel-sel organisme bersel banyak. Sementara itu atom bukanlah dianggap sebagai unit struktural dan fungsional terkecil. Hal ini dikarenakan atom tidak dapat menyelenggarakan kehidupan sehingga tidak memenuhi syarat fungsional.

Dengan demikian, pilihan jawabanya yang tepat adalah A

 

Pertanyaan Lain :

PILIHAN |  dalam ekosistem lingkungan adalah semua faktor yang mempengaruhi terhadap organisme. faktor biotik dalam ekosistem diantaranya...

Check Also

Kunci Jawaban Soal

Organisme yang berperan sebagai produsen di dalam ekosistem air adalah….

Organisme yang berperan sebagai produsen di dalam ekosistem air adalah…. a. bakteri b. fitoplankton c. …