Kunci Jawaban Soal

Keberagaman yang terjadi akibat Keadaan transportasi dan komunikasi?

Keberagaman yang terjadi akibat Keadaan transportasi dan komunikasi?

Jawaban

Salah satu faktor yang menyebabkan adanya keberagaman suku bangsa dan budaya di Indonesia adalah keadaan transportasi dan komunikasi.

Berikut adalah pengaruh dari keadaan transportasi dan komunikasi terhadap keberagaman suku bangsa dan budaya di Indonesia:

Tidak adanya transportasi dan komunikasi: keterbatasan alat transportasi dan komunikasi membuat setiap kelompok masyarakat tidak bisa berinteraksi dengan kelompok masyarakat hal ini. Hal ini akan menciptakan keberagaman budaya karena setiap kelompok masyarakat akan membentuk budayanya sendiri yang tidak terpengaruh oleh budaya lain.
Kemajuan transportasi dan komunikasi: adanya perkembangan alat transportasi dan komunikasi ini membuat kelompok masyarakat di suatu wilayah bisa melakukan interaki dengan kelompok masyarakat yang berada di wilayah lain. Interaksi ini akan mendorong terjadinya pertukaran budaya yang bisa mendorong terbentuknya suatu kebudayaan baru yang merupakan hasil dari peleburan budaya.

PILIHAN |  Bangsa Indonesia berpendirian anti penjajahan, bangsa Indonesia berpendirian bahwa kemerdekaan merupakan hak bagi seluruh bangsa

Pembahasan

Keberagaman suku bangsa dan budaya adalah salah satu dari sekian banyak kekayaan bangsa yang dimiliki oleh bangsa Indonesia sehingga dikatakan sebagai salah satu keunggulan bangsa. Selain itu, keberagaman suku bangsa dan budaya juga sudah menjadi salah satu identitas dan karakter dari bangsa Indonesia karena Indonesia sering disebut sebagai negara majemuk karena adanya keberagaman suku bangsa dan budaya yang dimilikinya.

PILIHAN |  Jelaskan ciri-ciri kubur peti batu

Berikut adalah beberapa faktor yang menyebabkan adanya keberagaman suku bangsa dan budaya di Indonesia:

Letak strategis Indonesia: Indonesia terletak di jalur perdagangan dunia yang mendorong tingginya interaksi masyarakat lokal dengan masyarakat asing. Hal ini akan mendorong terciptanya budaya baru yang merupakan hasil dari peleburan budaya lokal dengan budaya asing.
Terletak di persilangan beberapa negara: letak geografis Indonesia ini juga membuat Indonesia memiliki keberagaman ras yang luar biasa. Hal ini bisa terjadi karena tingginya perkawinan antar ras atau perkawinan campur yang terjadi di wilayah Indonesia.
Kondisi negara kepulauan: dibutuhkannya alat transportasi yang cukup canggih bagi suatu kelompok masyarakat untuk berinteraksi dengan kelompok masyarakat lain ini mendorong adanya keberagaman budaya. Pada zaman dahulu, kondisi negara kepulauan ini sangat menyulitkan masyarakat untuk bisa menyebrangi pulau karena tidak memiliki alat transportasi yang memadai. Maka dari itu, setiap pulau memiliki kebudayaannya masing-masing tanpa terpengaruh oleh kebudayaan lain.

PILIHAN |  Karena keunggulan letak astronomis dan geografis Indonesia maka pada abad ke-XV mendorong bangsa-bangsa barat untuk menguasai wilayah Indonesia

Check Also

Kunci Jawaban Soal

Sesuatu yang telah terjadi dan kebenarannya bisa dipertanggung jawabkan disebut

Sesuatu yang telah terjadi dan kebenarannya bisa dipertanggung jawabkan disebut Jawaban: fakta, karena kebenarannya dapat …