Kunci Jawaban Soal

Dalam penggunaannya yang luas, pengertian sejarah yang tepat adalah…

Dalam penggunaannya yang luas, pengertian sejarah yang tepat adalah…..

a. masa kritis dari kehidupan manusia pada masa lalu
b. peristiwa yang benar benar terjadi pada masa lampau
c. silsilah para raja dan dinasti pada masa lalu
d. tahap tahap perkembangan kebudayaan manusia sejak masa lampau
e. perkiraan tentang kejadian masa lampau

Jawaban

d. tahap tahap perkembangan kebudayaan manusia sejak masa lampau

Pembahasan

Secara hakekat, sejarah dapat dideskripsikan sebagai peristiwa dan seni. Sejarah sebagai peristiwa bermakna bahwa sejarah adalah fakta yang hadir dari masa lalu sebagai kejadian nyata. Sejarah menampilkan gambaran tentang peristiwa-peristiwa masa lalu yang dialami oleh manusia. Sementara itu, sejarah sebagai seni bermakna bahwa peristiwa sejarah mengandung imajinasi instuisi, dan emosi. Sebab, seni diperlukan oleh sejarawan dalam menyusun suatu peristiwa sejarah. Hal ini dilakukan agar pembaca dapat merasakan langsung peristiwa yang terjadi dimasa lampau.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah D.

PILIHAN |  prinsip gerakan non-blok ditunjukkan oleh nomor

Pertanyaan Serupa:

 

Mengapa usaha pembenahan ekonomi Indonesia melalui gerakan benteng mengalami kegagalan?

Jawaban

Para pengusaha pribumi hanya dijadikan sebuah alat bagi para pengusaha nonpribumi untuk bisa mendapatkan kredit dari pemerintah dan juga persyaratan kepemilikan modal juga menjadi perdebatan karena mendiskriminasi pengusaha Tionghoa.

Pembahasan

Gerakan Benteng merupakan sebuah program perekonomian yang berlaku di masa Kabinet Natsir mulai bulan September 1950 sampai April 1951,dicetuskan oleh Soemitro Djojohadikusumo, yang merupakan Menteri Perdagangan era Kabinet Natsir.

Gerakan Benteng berlangsung selama tiga tahun (1950-1953) dan Gerakan benteng berakhir setelah Kabinet Natsir tidak lagi berkuasa. Program Gerakan Benteng yang bertujuan melindungi pengusaha pribumi ini akhirnya dihentikan karena dianggap gagal.

Para pengusaha pribumi hanya dijadikan sebuah alat bagi para pengusaha nonpribumi untuk bisa mendapatkan kredit dari pemerintah dan juga persyaratan kepemilikan modal juga menjadi perdebatan karena mendiskriminasi pengusaha Tionghoa. Sehingga Pada bulan Maret dan April 1957, Kabinet Djuanda menghentikan Gerakan Benteng seiring dengan transisi ke demokrasi terpimpin.

PILIHAN |  Cerita folklore dan mitologi dalam ilmu sejarah dapat dimasukkan ke dalam

Dengan demikian,alasan Gerakan Benteng mengalami kegagalan adalah karena pengusaha pribumi itu sendiri hanya dijadikan sebagai sebuah alat bagi para pengusaha nonpribumi untuk bisa mendapatkan kredit dari pemerintah dan juga persyaratan kepemilikan modal juga menjadi perdebatan karena mendiskriminasi pengusaha Tionghoa.

 

Pertanyaan Lain :

PILIHAN |  Sejarah dapat dipandang sebagai karya seni. Maksudnya …

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :

Check Also

Kunci Jawaban Soal

Neurospora sitophila dimanfaatkan dalam pembuatan ….

Neurospora sitophila dimanfaatkan dalam pembuatan …. A. Tempeundefined B. Oncomundefined C. Tapaiundefined D. Taucoundefined E. …