Kunci Jawaban Soal

Peristiwa ketegangan antara golongan muda dan tua mengenai kemerdekaan Indonesia dikenal dalam sejarah sebagai peristiwa?

Peristiwa ketegangan antara golongan muda dan tua mengenai kemerdekaan Indonesia dikenal dalam sejarah sebagai peristiwa?

Jawaban

ketegangan antara golongan muda dan tua mengenai kemerdekaan Indonesia dikenal dalam sejarah sebagai Peristiwa Rengasdengklok.

Pembahasan

Setelah Indonesia mengalami kekosongan kekuasaan atau vacuum of power karena Jepang menyerah pada Sekutu, golongan muda terus mendesak golongan tua untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Namun, golongan tua yang diwakili oleh Sukarno dan Hatta menolak usulan dari golongan muda tersebut. Akhirnya, terjadi suatu peristiwa sejarah yang terjadi pada tanggal 16 Agustus 1945, yaitu Peristiwa Rengasdengklok. Peristiwa tersebut terjadi karena adanya pertentangan mengenai proklamasi kemerdekaan. Golongan muda membawa Sukarno dan Hatta ke Rengasdengklok, Karawang untuk terus mendesak keduanya terkait proklamasi kemerdekaan Indonesia.

PILIHAN |  Tom dan Jerry bermain sebuah permainan sebanyak 4 ronde. Pada awal permainan, masing-masing dari mereka memiliki 400 koin

Dengan demikian, ketegangan antara golongan muda dan tua mengenai kemerdekaan Indonesia dikenal dalam sejarah sebagai Peristiwa Rengasdengklok.

 

Pertanyaan Lain :

PILIHAN |  Jelaskan langkah menyusun resensi yang benar !

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :

PILIHAN |  Bentuk penguasaan pasar atau perdagangan secara sepihak oleh belanda yang memberi dampak buruk terhadap perdagangan wilayah nusantara adalah

Daftar Isi

Check Also

Kunci Jawaban Soal

pengertian bela negara

pengertian bela negara adalah Jawaban Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah sebuah sikap dan perilaku warga …