Kunci Jawaban Soal

Para pejuang membakar Kota Bandung dengan alasan …

Para pejuang membakar Kota Bandung dengan alasan …

Jawaban

alasan para pejuang membakar Kota Bandung adalah agar pihak musuh tidak dapat menggunakan gedung-gedung yang ada.

Pembahasan

Pada masa revolusi di Indonesia, terjadi serangkaian peristiwa di berbagai daerah yang bertujuan untuk mempertahankan kemerdekaan. Salah satunya adalah peristiwa Bandung Lautan Api. Peristiwa ini terjadi pada tanggal 23 Maret 1946. Peristiwa tersebut berlangsung sangat cepat. Dalam kurun waktu kurang lebih 7 jam, Kota Bandung terbakar oleh api.

Peristiwa ini terjadi karena adanya ultimatum dari pasukan sekutu untuk mengosongkan Kota Bandung dan juga menyerahkan senjata yang dilucuti dari tentara Jepang. Akibatnya, 200.000 warga Bandung meninggalkan kota dengan berjalan kaki menuju ke pegunungan. Ultimatum tersebut dilatarbelakangi oleh kekalahan sekutu dalam pertempuran di Bandung dan Sukabumi.

PILIHAN |  Tuliskan letak astronomis indonesia..

Menanggapi ultimatum tersebut, Perdana Menteri Sutan Sjahrir memerintahkan Pejuang Bandung untuk menuruti ultimatum tersebut. Akan tetapi, para Pejuang Bandung sudah mengadakan rapat sebelumnya, dan menolak perintah tersebut.

Hasilnya adalah sebelum meninggalkan Bandung, para pejuang memilih untuk membakar Kota Bandung dengan tujuan mencegah Sekutu untuk memakai Kota Bandung sebagai markas strategis dalam perang kemerdekaan Indonesia.

Dengan demikian, alasan para pejuang membakar Kota Bandung adalah agar pihak musuh tidak dapat menggunakan gedung-gedung yang ada.

 

Pertanyaan Lain :

PILIHAN |  Kelainan pada sistem pernapasan dengan penyebab radang pada selaput lendir trakea dan saluran bronkia disebut!

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :

PILIHAN |  Sesuatu yang telah terjadi dan kebenarannya bisa dipertanggung jawabkan disebut

Daftar Isi

Check Also

Kunci Jawaban Soal

Neurospora sitophila dimanfaatkan dalam pembuatan ….

Neurospora sitophila dimanfaatkan dalam pembuatan …. A. Tempeundefined B. Oncomundefined C. Tapaiundefined D. Taucoundefined E. …