Kunci Jawaban Soal

Sesuai asas otonomi daerah tiap-tiap daerah diberi kewenangan yang luas dalam hal?

Sesuai asas otonomi daerah tiap-tiap daerah diberi kewenangan yang luas dalam hal?

Jawaban

Jawaban untuk soal di atas adalah mengelola keuangan daerah.

Berikut pembahasannya.

Otonomi daerah adalah hak, wewenang, dan kewajiban daerah untuk mengatur serta mengurus rumah tangga sendiri sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Prinsip-prinsip otonomi daerah antara lain:

  1. Prinsip otonomi seluas-luasnya. Berdasarkan prinsip ini, suatu daerah akan diberi kewenangan untuk mengatur dan mengurus urusan rumah tangganya sendiri berikut pemerintahannya, kecuali jika terdapat kewenangan yang menurut peraturan perundang-undangan menjadi kewenangan pemerintah pusat. Sesuai asas otonomi daerah, tiap-tiap daerah diberi kewenangan yang luas dalam hal mengelola keuangan daerah.
  2. Prinsip otonomi nyata. Berdasarkan prinsip ini, suatu daerah akan diberi kewenangan untuk menangani urusan pemerintahan yang didasarkan atas tugas, wewenang, dan kewajiban yang secara nyata sudah ada serta mempunyai potensi untuk dapat terus tumbuh, berkembang, sekaligus hidup sesuai potensi daerah tertentu.
  3. Prinsip otonomi yang bertanggung jawab. Prinsip ini mempunyai makna dalam suatu sistem penyelenggaraan pemerintahan, harus pula disesuaikan dan diperhatikan tentang adanya tujuan dan maksud pemberian otonomi.
PILIHAN |  Pesan utama dari poster komersil dari suatu produk adalah?

Jadi, sesuai asas otonomi daerah, tiap-tiap daerah diberi kewenangan yang luas dalam hal mengelola keuangan daerah.

Pertanyaan Serupa

Apakah yang dimaksud dengan sikap rela berkorban?

Jawaban

Jawabannya yaitu cara membiasakan atau merelakan sebagian kepentingan diri sendiri untuk kepentingan orang lain atau kepentingan bersama.

Yuk simak penjelasan berikut ini!

Sikap rela berkorban adalah cara membiasakan atau merelakan sebagian kepentingan diri sendiri untuk kepentingan orang lain atau kepentingan bersama. Sehingga hubungan masyarakat di lingkungan sekitar terhindar dari konflik. Sikap rela berkorban juga mengandung makna untuk mencapai suatu kemajuan, keserasian, keselarasan, dan keseimbangan dalam hidup bermasyarakat. Sikap tersebut memerlukan adanya kesediaan dengan rasa ikhlas untuk berbagi.

PILIHAN |  Sebutkan contoh dari penawaran!

Sikap rela berkorban harus ditanamkan dalam hati agar bisa menjadi pribadi yang mulia dan baik. Tindakan rela berkorban itu biasanya dilakukan dengan tulus, senang hati dan tidak mengharapkan imbalan apapun didunia ini.

Tindakan rela berkorban ini memiliki tujuan yang mulia demi tercapainya suatu kedamaian dan kersejahteraan masyarakat berbangsa dan bernegara. Contohnya menolong korban bencana alam tanpa pamrih, berpartisipasi mengikuti kegiatan gotong royong, ikut memberikan sumbangan pemikiran, harta atau tenaga.

Jadi, sikap rela berkorban adalah cara membiasakan atau merelakan sebagian kepentingan diri sendiri untuk kepentingan orang lain atau kepentingan bersama.

 

Pertanyaan Lain :

PILIHAN |  Jelaskan perbedaan pendekatan kualitatif dengan pendekatan kuantitatif!

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :

Check Also

Kunci Jawaban Soal

Komite yang bertugas menangani permasalahan olahraga di kawasan Asean adalah

Komite yang bertugas menangani permasalahan olahraga di kawasan Asean adalah a. AMMW b. P4GN c. …