Kunci Jawaban Soal

Apa yang dimaksud dengan menggambar model?

Apa yang dimaksud dengan menggambar model?

Jawaban

Menggambar model merupakan salah satu jenis kegiatan dalam seni rupa. Menggambar model sendiri memiliki arti sebagai aktivitas menggambar suatu obyek, mirip seperti aslinya, menurut Sofyan, dkk, dan buku “Pengetahuan Dasar Seni Rupa”. Semantara itu, dikutip dari situs Kemdikbud (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan), menggambar obyek diartikan sebagai kegiatan menggambar yang membutuhkan obyek untuk dituangkan dalam bentuk gambar.

Pembahasan

Menggambar model adalah menggambar obyek diartikan sebagai kegiatan menggambar yang membutuhkan obyek untuk dituangkan dalam bentuk gambar, dalam situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Artinya, menggambar model dilakukan dengan mengikuti bentuk keseluruhan dari model atau obyek yang digambar secara detail sehingga gambar yang dihasilkan mirip dengan model atau obyek sesungguhnya.

PILIHAN |  Menanam tanaman sesuai dengan garis kontur disebut…

Dalam kegiatan menggambar model, obyek menjadi suatu hal yang sangat penting karena menjadi sumber inspirasi dalam menggambar. Obyek yang digunakan bisa berupa makhluk hidup ataupun benda mati.

Dalam menggambar model, dikenal beberapa prinsip, yaitu:

  • Proporsi, yakni perbandingan ideal dan harmonis antara bagian-bagian benda dan obyek yang digambar.
  • Komposisi, yakni pengaturan dan penyusunan obyek yang digunakan sebagai model dalam gambar.
  • Keseimbangan, yakni keselarasan antara bidang gambar dan obyek dengan gambar yang dibuat atau dihasilkan.
  • Kesatuan, yakni pengaturan obyek gambar agar terlihat serasi ataupun cocok antara satu sama lainnya. Melalui prinsip ini, akan timbul kesan yang mendalam dari gambar, ruang, dan hubungan antarobyek yang digambar sehingga terlihat indah saat dipandang.
PILIHAN |  bagaimana masyarakat terdidik dan peduli terhadap bangsa dapat memer dekakan Indonesia

Selain memiliki beberapa prinsip tersebut, dalam menggambar model juga dikenal empat teknik yang sering kali digunakan. Berikut keempat teknik tersebut.

  • Teknik Dusel, yaitu cara menggambar atau mengarsir dengan cara menggosoknya, baik menggunakan tangan, kuas, kertas maupun kapas.
  • Teknik Aquarel, yaitu cara menggambar obyek dengan memanfaatkan media basah sebagai bahan mewarnainya. Cara ini digunakan untuk mendapatkan warna yang transparan.
  • Teknik Arsir, yaitu cara menggambar obyek dengan membuar garis-garis sejajar yang berulang dan beraturan dengan tingkat ketebalan yang bervariasi (berbeda-beda).
  • Teknik Blok, yaitu cara mengambar obyek dengan membubuhkan warna secara merata pada media atau bidang yang digunakan, baik pada obyek itu sendiri maupun pada latar belakang dari obyek tersebut.
PILIHAN |  akibat yang dapat ditimbulkan oleh pencemaran oleh limbah cair pabrik tekstil adalah...

Check Also

Kunci Jawaban Soal

sebutkan 4 upaya untuk menjaga keutuhan NKRI

sebutkan 4 upaya untuk menjaga keutuhan NKRI Jawaban Jawabannya yaitu mengamalkan nilai-nilai pancasila, memelihara keamanan …