Kunci Jawaban Soal

Jelaskan proses membuka dan menutupnya stomata!

Jelaskan proses membuka dan menutupnya stomata!

Jawaban

Mekanisme membuka dan menutupnya pada stomata diakibatkan oleh tekanan Turgor. Tekanan Turgor adalah tekanan dari dinding sel karena sel diisi dengan gas dan cairan yang terkait dengan ukuran tekanan pada dinding sel. Makin banyak isi sel, maka semakin besar tekanan pada dinding sel. Stomata akan membuka ketika tekanan turgor pada sel penutup tinggi dan akan menutup ketika tekanan turgor sel penutup rendah.

Pembahasan

Pada umumnya, membuka dan menutupnya stoma bertujuan menjaga keseimbangan kehilangan air melalui transpirasi dan gula yang dibentuk dengan proses fotosintesis.

PILIHAN |  Organisasi kerja sama ekonomi di wilayah Asia Tenggara adalah….

Stomata akan terbuka, ketika kedua sel penjaga meningkat. Peningkatan tekanan turgor dari sel penjaga disebabkan air masuk ke dalam sel penjaga. Pergerakan air dari satu sel ke sel yang lain dari potensi air tinggi ke sel potensi air rendah.

Tinggi rendahnya potensi air dipengaruhi oleh jumlah bahan terlarut (solute) dalam cairan sel tersebut. Semakin banyak solute maka potensiosmotik sel semakin rendah. Jika tekanan turgor sel adalah tetap, maka potensi air sel akan menurun. Untuk mendorong air masuk ke sel penjaga, jumlah bahan yang dilarutkan dalam sel tersebut harus ditingkatkan.

PILIHAN |  Budaya berasal dari bahasa Sansekerta, yaitu buddhayah. Arti dari kata buddhayah adalah ....

Berikut faktor yang mempengaruhi membuka dan menutupnya stomata yaitu:

Faktor eksternal yaitu dipengaruhi oleh sinar matahari, konsentrasi CO₂, suhu dan angin.

  • Sinar matahari merangsang sel penutup untuk menyerap ion K⁺ dan air sampai stomata terbuka di pagi hari.
  • Rendahnya konsentrasi CO₂ di dalam daun juga menyebabkan stomata membuka.
  • Semakin tinggi suhu dan meningkatkan tingkat respirasi sehingga kadar CO2 dalam daun meningkat dan pH akan turun sehingg stomata menutup.
  • Angin juga mempengaruhi membuka dan menutupnya stomata. Jika anginya kencang maka laju membuka dan menutupnya stomata semakin cepat.
PILIHAN |  Bakteri melakukan pembelahan sel dalam waktu yang sangat singkat. Beribu-ribu sel bakteri dapat dihasikan dalam beberapa jam saja. Akan tetapi, mengapa dunia ini tidak dipenuhi oleh bakteri? Berikan alasan Anda!

Faktor internal dipenagruhi oleh jam biologis yang memicu pada pagi hari terjadi serapan ion sehingga stomata membuka, sedangkan terjadi pelepasan ion pada malam hari sehingaa stomata menutup.

Check Also

Kunci Jawaban Soal

Sesuatu yang telah terjadi dan kebenarannya bisa dipertanggung jawabkan disebut

Sesuatu yang telah terjadi dan kebenarannya bisa dipertanggung jawabkan disebut Jawaban: fakta, karena kebenarannya dapat …