Kunci Jawaban Soal

Apakah yang dimaksud dengan narkoba ?

Apakah yang dimaksud dengan narkoba ?

Jawaban

Narkoba (Narkotika, Psikotropika dan Bahan Adiktif) adalah segala sesuatu yang dimasukan ke dalam tubuh manusia berupa bahan/zat, baik dengan cara diminum, dihirup, maupun disuntikan, yang kemudian dapat mengubah pikiran, suasana hati atau perasaan, dan perilaku seseorang. Narkoba dapat menimbulkan ketergantungan (adiksi) fisik dan psikologis

Penjelasan:

Narkoba (Narkotika, Psikotropika dan Bahan Adiktif) adalah segala sesuatu yang dimasukan ke dalam tubuh manusia berupa bahan/zat, baik dengan cara diminum, dihirup, maupun disuntikan, yang kemudian dapat mengubah pikiran, suasana hati atau perasaan, dan perilaku seseorang. Narkoba dapat menimbulkan ketergantungan (adiksi) fisik dan psikologis.

Narkotika

Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman alami atau dibuat oleh manusia secara kimiawi, yang dapat di buat dengan cara sintetis atau semi sintetis. Jika dikonsumsi dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa nyeri dan dapat menimbulkan ketergantungan (Undang-Undang No. 22 tahun 1997).

PILIHAN |  Tokoh-tokoh berkebangsaan Belanda yang mengecam praktik tanam paksa antara lain

Yang termasuk jenis Narkotika adalah :

  • tanaman papaver, opium mentah, opium masak (candu, jicing, jicingko), opium obat, morfina, kokaina, ekgonina, tumbuhan ganja, serta damar ganja.
  • Garam-garam serta turunan-turunan asal morfina serta kokaina, dan campuran-adonan serta sediaan-sediaan yang mengandung bahan tersebut pada atas.

Psikotropika

Psikotropika adalah zat atau obat, baik alamiah juga sintetis bukan narkotika, yang berguna psikoaktif melalui impak selektif di susunan saraf pusat yg menyebabkan perubahan pada aktivitas mental serta perilaku (Undang-Undang No. 5/1997).

Zat yang termasuk psikotropika antara lain:

• Rohypnol, Ekstasi, Shabu-shabu, Amfetamine, Fensiklidin, Sedatin (Pil BK), Metakualon, Metifenidat, Fenobarbital, Flunitrazepam, LSD (Lycergic Alis Diethylamide), Magadon, Valium, Mandarax, dsb.

PILIHAN |  Salah satu hasil kesepakatannya adalah pengakuan wilayah Indonesia secara de facto oleh belanda meliputi pulau jawa, sumatra, dan madura. Kesepakatan yang dimaksud terdapat dalam perundingan

Bahan Adiktif yang berbahaya lainnya baik itu berupa bahan alamiah, semi sintetis maupun sintetis yang dapat difungsikan dan dipakai menjadi pengganti morfina atau kokaina yg dapat mengganggu kerja atau fungsi sistim syaraf pusat, mirip:

• Alkohol yg mengandung ethyl etanol, inhalen/sniffing (bahan pelarut) berupa zat organik (karbon) yg membuat impak yg sama menggunakan yg dihasilkan sang minuman yang beralkohol atau obat anaestetik Bila aromanya dihisap. contoh: lem/perekat, aceton, ether, dsb.

 

Pertanyaan Lain :

PILIHAN |  Daerah aliran sungai yang mempunyai ciri-ciri penampang lembah berbentuk huruf V dan memiliki erosi secara vertikal adalah daerah ….

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :

Check Also

Kunci Jawaban Soal

jelaskan yang dimaksud nomaden

jelaskan yang dimaksud nomaden Jawaban Nomaden merupakan pola hidup manusia purba yang ditandai dengan cara …