Kunci Jawaban Soal

bagaimana cara pemerintah mengatasi inflasi di awal kemerdekaan

bagaimana cara pemerintah mengatasi inflasi di awal kemerdekaan?

 

Jawaban

Pada masa pasca kemerdekaan antara tahun 1945 sampai 1950, kondisi ekonomi Indonesia sangat buruk.

Terjadi hiperinflasi atau kenaikan harga-harga barang secara ekstrem. Salah satu penyebab inflasi yakni beredarnya lebih dari satu mata uang secara tidak terkendali.

Saat itu, pemerintah RI menyatakan terdapat tiga mata uang yang berlaku di wilayah Republik Indonesia. Mata uang De Javasche Bank (DJB), mata uang pemerintah Hindia Belanda, dan mata uang pendudukan Jepang diakui dan digunakan bersamaan.

Belum selesai di situ, pada tanggal 6 Maret 1946, panglima AFNEI yang baru, Letnan Jenderal Sir Montagu Stopford mengumumkan berlakunya mata uang NICA di daerah yang ditempati Sekutu.

PILIHAN |  Kondisi kekurangan tenaga ahli di suatu negara sehingga tidak mampu memproduksi barang berkualitas tinggi dan murah merupakan salah satu pendorong terjadinya perdagangan internasional yaitu disebabkan ..

Munculnya uang NICA ini sebagai pengganti uang Jepang yang nilainya sudah sangat merosot.

Begitu pemerintah RI mengetahui hal tersebut, melalui Perdana Menteri Syahrir, mereka memproses tindakan Jepang yang dianggap sudah melanggar persetujuan.

Persetujuan tersebut berisikan bahwa tidak akan muncul mata uang baru apabila belum ada penyelesaian politik mengenai status Indonesia.

Adapun upaya-upaya pemerintah Indonesia dalam mengatasi masalah tsb sebagai berikut.

  • Upaya pemerintah mengatasi masalah keuangan dilakukan dengari cara menetapkan tiga mata uang yang berlaku di Indonesia, yaitu mata uang De ]avasche Bank, mata uang Hindia Belanda, dan mata uang Jepang. Selain itu, pada 1 Oktober 1946 pemerintah mengeluarkan uang kertas yang disebut Oeang Repoeblik Indonesia (ORI).
  • menembus blokade ekonomi belanda. Pemerintah Indonesia menerapkan beberapa strategi untuk menembus blokade ekonomi Belanda. Strategi pemerintah untuk menembus blokade ekonomi Belanda yaitu melakukan operasi POPDA dan APWI, melakukan diplomasi ke India, membentuk Banking and Trading Corporation (BTC), membentuk Indonesia Office (Indof), membentuk Kementerian Pertahanan Usaha Luar Negeri (KPULN)
  • Program pinjaman nasional dilaksanakan oleh Menteri Keuangan Ir. Surachman atas persetujuan BP-KNIP. Pinjaman nasional akan dibayar kembali selama jangka waktu empat puluh tahun. Dalam pelaksanaannya, program ini mencapai keberhasilan.
PILIHAN |  Dalam melakukan penulisan hal yang penting perlu diperhatikan oleh sejarawan adalah

 

Pertanyaan Lain :

PILIHAN |  peninggalan candi yang bercorak hindu peninggalan dinasti sanjaya ditunjukkan pada nomor

Check Also

Kunci Jawaban Soal

sebutkan 4 upaya untuk menjaga keutuhan NKRI

sebutkan 4 upaya untuk menjaga keutuhan NKRI Jawaban Jawabannya yaitu mengamalkan nilai-nilai pancasila, memelihara keamanan …