Apakah latar belakang terjadinya reformasi 1998 di Indonesia

Apakah latar belakang terjadinya reformasi 1998 di Indonesia?

 

Jawaban

Latar belakang adanya reformasi adanya krisis moneter yang terjadi di Asia yang menyebar dari Thailand, Malaysia, Korea Selatan dan kemudian di Indonesia tahun 1997. Adanya krisis ini membuat pihak atasan pemerintahan semakin banyak adanya KKN yang meraja lela dan kemiskinan rakyat semakin meningkat dan kesenjangan social semakin terlihat. Kemudian desakan rakyat untuk Presiden Soeharto turun dari jabatannya semakin gencar dan tanggal 14 Mei 1998 terjadi kerusuhan di Jakarta dan solo.

Mahasiwa menduduki gedung MPR dan DPR untuk mendesak presiden Soeharto dan nilai rupiah semakin merosot. Kemudian akibat desakan ini pmerintahan Soeharto lengser dan presiden Soeharto menyerahkan kedudukannya kepada BJ Habibie. dengan demikian pemerintahan Order Baru berakhir

PILIHAN |  Periodisasi masa praaksara secara geologi mulai yang tertua ditunjukkan oleh pilihan

Pemerintah Orde Baru tidak mampu, atas dasar Pancasila dan konstitusi 1945, untuk menciptakan kehidupan yang adil bersama dalam makmur dan kemakmuran dalam sebuah keadilan, dan oleh karena itu adanya sebuah tujuan dalam lahirnya reformasi ialah sebuah tatanan dalam kehidupan yang bangsa, masyarakat, dan negara untuk meningkatkan.

Kesulitan pada kalangan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan dasar merupakan faktor atau alasan penting bagi kemunculan sebuah gerakan reformasi.

Pemerintahan dalam Orde Baru, yang dipimpin dengan Presiden Suharto selama 32 tahun, terbukti tidak konsisten dan konsisten dalam melaksanakan sebuah cita-cita dalam Orde Baru.

 

Pertanyaan Lain :

PILIHAN |  Tujuan di dirikannya ASEAN

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :

PILIHAN |  Tokoh-tokoh berkebangsaan Belanda yang mengecam praktik tanam paksa antara lain

Daftar Isi

Check Also

Kunci Jawaban Soal

eksploitasi adalah

eksploitasi adalah Jawaban Eksploitasi adalah usaha mengambil sumber daya untuk dimanfaatkan secara berlebihan. Yuk simak …