Belanda dapat menguasai Indonesia dalam waktu lama karena bangsa Indonesia muda terpecah belah dan perjuangannya

Belanda dapat menguasai Indonesia dalam waktu lama karena bangsa Indonesia muda terpecah belah dan perjuangannya ….

A. secara gerilya
B. tergantung pada pemimpin
C. bersifat kedaerahan
D. belum memiliki senjata

Jawaban

Jawaban : C. Bersifat Kedaerahan

Meskipun banyak terjadi perlawanan di daerah-daerah terhadap penjajahan Belanda sebelum Masa Pergerakan Nasional, tetapi kenyataannya perlawanan tersebut masih bersifat kedaerahan. Menyebabkan perlawanan tersebut tidak dilakukan secara serentak dan tidak adanya koordinasi antar daerah untuk melakukan perlawanan bersama dan sistematis terhadap belanda.

Hasilnya, Belanda leluasa mengatur srategi untuk melemahkan dan menghancurkan perlawanan-perlawanan bersifat kedaerahan tersebut.

Contohnya :

1. Belanda menerapkan politik Devide at empire atau politik adu domba, sebagai contoh Belanda mengadu domba Kesultanan Gowa-Tallo /Makassar yang dipimpin Sultan Hassanudin dengan Raja Bone yang dipimpin oleh Arung Pallaka.

PILIHAN |  Budaya perunggu yang masuk ke Indonesia dikenal juga dengan budaya Dongson (Teluk Tonkin). Budaya ini dibawa oleh angsa

2. Ketika Belanda menghadapi perang besar baik itu Perang Diponogoro di Jawa dan Perang Paderi di Sumatera Barat di sekitar tahun 1825an Masehi. Belanda mengajak berdamai Kaum Padri terlebih dahulu dan memfokuskan meliternya untuk Perang Dionogoro di Jawa. Setelah Diponogoro kalah di jawa pada tahun 1830 M, Belanda kembali melancarkan Perangnya di Sumatera Barat untuk menaklukkan kaum Padri.

 

Pertanyaan Lain :

PILIHAN |  Proses inspirasi pada pernapasan dada diawali dengan . .

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :

PILIHAN |  Pembangunan yang dapat dicapai pada masa Orde Baru

Daftar Isi

Check Also

Kunci Jawaban Soal

eksploitasi adalah

eksploitasi adalah Jawaban Eksploitasi adalah usaha mengambil sumber daya untuk dimanfaatkan secara berlebihan. Yuk simak …