Jelaskan 10 perubahan di Indonesia pada masa kolonial barat

Jelaskan 10 perubahan di Indonesia pada masa kolonial barat !

 

Jawaban

Perubahan di Indonesia pada masa kolonial, diantaranya adalah perubahan lahan, dikenalnya jenis tanaman baru, adanya urbanisasi, dibukanya industri pertambangan, dibangunnya fasilitas transportasi, berkembangnya alat komunikasi, ada akulturasi budaya, perubahan politik, didirikan sekolah modern, berkembangnya kegiatan ekonomi.

Yuk simak pembahasannya.

Penjajahan yang dilakukan bangsa-bangsa lain atas Indonesia, tentu membawa banyak perubahan, apalgi penjajahan yang dilakukan sangat lama. Perubahan hampir terjadi di semua bidang kehidupan, seperti ekonomi, politik, sosial, budaya, dan pendidikan. Beberapa perubahan tersebut, adalah.

1. Perubahan luas dan penggunaan lahan. Pemerintah kolonial membuka hutan-hutan untuk kemudian dijadikan perkebunan yang memiliki nilai jual tinggi. Beberapa perkebunan dibuka di wilayah Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, dan Jawa.

2. Persebaran penduduk dan Urbanisasi. Perubahan ini terjadi bersamaan dengan diterapkannya Politik Etis, khususnya pada program transmigrasi. Tujuan utama transmigrasi pada masa tersebut adalah untuk menyebarkan tenaga kerja murah di berbagai perkebunan di Sumatra dan Kalimantan. Banyak orang Jawa yang disuruh transmigrasi ke pulau Sumatera atau Kalimantan.

3. Pengenalan jenis tanaman baru. Penduduk Indonesia saat masa penjajahan dipaksa menanam tanaman yang memiliki nilai jual tinggi. Ada beberapa jenis tanaman yang dikenalkan oleh para penjajah untuk mendapatkan banyak keuntungan.

PILIHAN |  Penulisan historiografl yang hanya berisikan narasi kronologis fakta peristiwa yang telah diinterpretasikan tanpa suatu analisis yang lebih mendalam terhadap peristiwa tersebut

4. Penemuan tambang. Pembukaan lahan pada masa kolonial Barat juga dilakukan untuk pertambangan minyak bumi, batu bara, dan logam. Pembukaan lahan untuk pertambangan ini terutama terjadi pada akhir abad XIX dan awal abad XX.

5. Dibangun sarana transportasi. Pemerintah kolonial mempekerjakan masyarakat pribumi selain sebagai buruh perkebunan dan buruh pabrik, juga mempekerjakan sebagai tenaga pembangun jalur transportasi, seperti jalan raya, pelabuhan, dan rel kereta api. Tujuan pembangunan fasilitas transpoertasi ini tentu untuk mempermudah kegiatan ekonomi mereka.

6. Berkembangnya alat komunikasi. Radio sebagai alat komunikasi massal diperkenalkan pada masa pemerintah kolonial Belanda. Radio menjadi satu-satunya alat komunikasi tercanggih pada masa itu setelah surat kabar.

7. Akulturasi budaya. Beberapa bahasa Melayu yang menjadi cikal bakal Bahasa Indonesia, ada yang merupakan serapan dari Bahasa Belanda, Portugis, dan Inggris.

8. Perubahan politik. Sebelum kedatangan bangsa Barat, politik masyarakat Indonesia berbentuk kerajaan-kerajaan, namun setelah masuknya bangsa Barat, sistem feodalisme dalam kerajaan dihapuskan, serta berubahnya bentuk pemerintahan saat ini menjadi republik.

PILIHAN |  Dalam suatu ekosistem air alga Rhodophyta berperan sebagai ....

9. Didirikan sekolah-sekolah modern. Tingkatan sekolah saat ini, merupakan adopsi dari bentuk tingkatan sekolah pada masa pemerintah kolonial. Sekolah mulai banyak didirikan bersamaan dengan adanya kebijakan Politik Etis, pada program edukasi.

10. Berkembangnya kegiatan ekonomi. Perubahan masyarakat dalam kegiatan ekonomi pada masa kolonial terjadi baik dalam kegiatan produksi, konsumsi, dan distribusi. Kegiatan produksi dalam pertanian dan perkebunan semakin maju dengan ditemukannya berbagai teknologi pertanian yang bervariasi. Selain itu, masyrakat juga diperkenalkan dengan sistem uang.

 

Pertanyaan Lain :

PILIHAN |  Dari 4 pernyataan di atas yang merupakan pengaruh islam di bidang politik terhadap masyarakat Indonesia adalah

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :

Check Also

Kunci Jawaban Soal

sebut dan jelaskan falsafah yang diciptakan oleh sunan Ampel

sebut dan jelaskan falsafah yang diciptakan oleh sunan Ampel! Jawaban Falsafah tersebut dikenal dengan Moh …