Kunci Jawaban Soal

jelaskan latar belakang proses manusia purba mulai mengenal api dan mulai bercocok tanam

jelaskan latar belakang proses manusia purba mulai mengenal api dan mulai bercocok tanam

 

Jawaban

Api ditemukan pada masa paleolitikum, ketika berbagai belahan bumi dihuni oleh Hom* erectus. Akan tetapi belum dapat dipastikan apakah pada periode tersebut manusia purba membuat api atau mengambilnya dari sumber alam.

Mulanya, api dikenal dengan melihat gejala alam seperti kilat dan gunung meletus. Suatu waktu, ketika manusia purba sedang membuat alat dari batu, gesekan antara batu satu dengan yang lain ternyata menimbulkan percikan api.

Ketika beralih dari kegiatan mengumpul makanan ke kehidupan bercocok tanam, pola hunian manusia purba pun berubah. Mereka tidak lagi berpindah-pindah tempat atau nomaden, tetapi menetap di suatu wilayah. Pemilihan tempat tinggal biasanya dipengaruhi oleh sumber air dan dekat dengan alam yang diolahnya. Karena hunian mereka telah menetap, masyarakat masa bercocok tanam hidup secara berkelompok dan membentuk perkampungan kecil.

PILIHAN |  Kaca jendela dapat pecah akibat bola yang ditendang mengenai kaca. Hal ini menunjukkan bahwa bola memiliki ....

 

Pertanyaan Lain :

PILIHAN |  contoh dari interaksi antara manusia dengan lingkungan fisik dalam geografi adalah

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :

PILIHAN |  Tanda khusus pada peta untuk mewakili objek yang dipetakan disebut …

Daftar Isi

Check Also

Kunci Jawaban Soal

Neurospora sitophila dimanfaatkan dalam pembuatan ….

Neurospora sitophila dimanfaatkan dalam pembuatan …. A. Tempeundefined B. Oncomundefined C. Tapaiundefined D. Taucoundefined E. …