Kunci Jawaban Soal

Jelaskan sejarah berdirinya kerajaan singosari

Jelaskan sejarah berdirinya kerajaan singosari ?

 

Jawaban

Kerajaan Singosari didirikan oleh Ken Arok, yang diawali dengan peristiwa pembunuhan Tunggul Ametung oleh Ken Arok, dan menikahi istri Tunggul Ametung. Selanjutnya Ken Arok bersama para brahmana mendirikan Kerajaan Tumapel, dan melakukan pemberontakan terhadap Kerajaan Kediri. Karena kemenangannya, Ken Arok memproklamasikan berdirinya Kerajaan Singosari.

Yuk Simak penjelasannya.

Sejarah awal Kerajaan Singasari berawal dari tahun 1222. Pada tahun itu, Ken Arok mendirikan Kerajaan Singasari. Pendirian Kerajaan Singasari oleh Ken Arok ini berawal dari Ken Arok yang berhasil menggulingkan Tunggul Ametung yang saat itu menjabat sebagai akuwu Tumapel. Akuwu adalah gelar kepemimpinan saat itu yang setara dengan lurah. Tumapel sendiri merupakan daerah asal Kerajaan Singasari berdiri.

Setelah Ken Arok berhasil membunuh Tunggul Ametung, jabatan akuwu ini diambil alih oleh Ken Arok. Tunggul Ametung sendiri dibunuh oleh Ken Arok menggunakan keris buatan Mpu Gandring. Nasib pembuat keris, Mpu Gandring pun naas, pembuat keris itu dibunuh oleh Ken Arok menggunakan keris yang sama saat membunuh Tunggul Ametung. Setelah membunuh Tunggul Ametung, Ken Arok pun menikahi istri Tunggul Ametung, yaitu Ken Dedes.

PILIHAN |  Berikut ini yang termasuk dampak negatif adanya pembangunan ekonomi adalah …

Selanjutnya, Ken Arok berniat melapaskan Tumapel dari kekuasan Kerajaan Kediri yang dipimpin oleh Kertajaya. Pada 1254, terjadi perseteruan antara kaum brahmana dengan Kerajaan Kediri yang dipimpin oleh Raja Kertajaya. Kaum brahmana memilih bergabung dengan Ken Arok. Setelah kaum brahmana begabung dengan Ken Arok, kemudian Ken Arok diangkat menjadi raja pertama Kerajaan Tumapel yang bergelar Sri Rajasa Sang Amurwabhumi.

Setelah Kerajaan Tumapel memiliki raja yang dipimpin oleh Ken Arok, Perang antara Kerajaan Kediri dengan Kerajaan Tumapel pun terjadi. Perang antara kedua kerajaan itu terjadi di Desa Ganter. Peperangan antara Kerajaan Kediri dengan Kerajaan Tumapel pun dimenangkan oleh Kerajaan Tumapel. Kemenangan Kerajaan Tumapel atas Kerajaan Kediri ini membuat Ken Arok segera memproklamasikan berdirinya kerajaan baru yang bernama Kerajaan Singasari.

PILIHAN |  berdasarkan data di atas yang merupakan kebijakan dalam negeri masa pemerintahan orde baru ditunjukkan oleh nomor

Sumber sejarah yang meyebutkan keberadaan Kerajaan Singasari antara lain Negarakretagama dan Pararaton (kitab raja-raja). Kedua kitab yang bersejarah itu berisikan sejarah raja-raja Jawa hingga Kerajaan Singasari. Dalam kedua kitab tersebut, disebutkan bahwa raja-raja Majapahit adalah keturunan Kerajaan Singasari.

 

Pertanyaan Lain :

PILIHAN |  Romulus menjadi raja dan dilantik pada 753 SM yang juga diyakini sebagai tahun berdirinya ibu kota Roma setelah

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :

Check Also

Kunci Jawaban Soal

pengertian bela negara

pengertian bela negara adalah Jawaban Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah sebuah sikap dan perilaku warga …