Kunci Jawaban Soal

islam yang masuk wilayah kepulauan indonesia berasal dari persia. salah satu bukti yang mendukung teori tersebut adalah

Menurut hoesein djajadiningrat, islam yang masuk wilayah kepulauan indonesia berasal dari persia. salah satu bukti yang mendukung teori tersebut adalah ….

Jawaban

Jawaban yang benar adalah ‘Salah satu bukti yang mendukung teori tersebut adalah budaya Tabot di Bengkulu dan Tabuik di Sumatera Barat yang serupa dengan ritual di Persia setiap tanggal 10 Muharam.’

Soal menanyakan bukti yang mendukung teori bahwa Islam yang masuk wilayah kepulauan Indonesia berasal dari Persia.

Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini:

Teori Persia menyatakan bahwa ajaran Islam masuk ke Nusantara dari bangsa Persia (atau wilayah yang kemudian menjadi negara Iran) pada abad ke-13 Masehi didukung oleh Umar Amir Husen dan Husein Djajadiningrat.

Djajadiningrat berpendapat bahwa tradisi dan kebudayaan Islam di Indonesia memiliki persamaan dengan Persia. Salah satu contohnya adalah seni kaligrafi yang terpahat pada batu-batu nisan bercorak Islam di Nusantara. Ada pula budaya Tabot di Bengkulu dan Tabuik di Sumatera Barat yang serupa dengan ritual di Persia setiap tanggal 10 Muharam.

Jadi jawaban yang benar untuk soal tersebut adalah ‘Salah satu bukti yang mendukung teori tersebut adalah budaya Tabot di Bengkulu dan Tabuik di Sumatera Barat yang serupa dengan ritual di Persia setiap tanggal 10 Muharam.’

PILIHAN |  Contoh bentuk ancaman non militer terhadap bangsa Indonesia dari luar negeri di bidang idiologi

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :

Check Also

Kunci Jawaban Soal

Teknik Apa yang Menggunakan Cat Tebal?

Apakah Anda sedang merenovasi rumah atau ingin memberikan sentuhan segar pada dinding yang kusam? Salah …