Kunci Jawaban Soal

Politik etis merupakan kebijakan yang mendorong perubahan di Hindia Belanda pada awal abad XX. Politik etis terjadi karena

Politik etis merupakan kebijakan yang mendorong perubahan di Hindia Belanda pada awal abad XX. Politik etis terjadi karena…

a. banyaknya kritik yang dilakukan tokoh liberal dan humanis Belanda
b. Ratu Wilhelmina ingin memakmurkan rakyat di negeri jajahan
c. kondisi keuangan Kerajaan Belanda yang mulai membaik
d. sistem tanam paksa di Indonesia mengalami kegagalan

Jawaban

Jawaban yang benar adalah A. banyaknya kritik yang dilakukan tokoh liberal dan humanis Belanda

Pembahasan

Politik etis atau politik balas budi yang dilakukan pemerintah Belanda kepada rakyat pribumi Indonesia adalah kebijakan yang mendorong perubahan di Hindia Belanda (Indonesia) pada awal abad XX.

Politik etis disebabkan oleh banyaknya kritik yang dilakukan tokoh-tokoh liberal dan humanis Belanda, terutama atas adanya praktik penjajahan dan tanam paksa yang berakhir pada tahun 1870.

Dalam pidato kenegaraan pada tahun 1901, Ratu Wilhemina (ratu Belanda) mengungkapkan bahwa Negeri Belanda mempunyai kewajiban untuk mengupayakan kemakmuran perkembangan sosial dan ekonomi bagi Hindia Belanda (Indonesia) serta ada usulan dari van Deventer agar pemerintahan Belanda melaksanakan Politik Etis (politik balas budi) dengan program Edukasi (pendidikan), Irigasi (pengairan) dan Transmigrasi (perpindahan penduduk).

Jadi, Jawaban yang benar adalah A. banyaknya kritik yang dilakukan tokoh liberal dan humanis Belanda

 

Pertanyaan Lain :

Check Also

Kunci Jawaban Soal

Teknik Apa yang Menggunakan Cat Tebal?

Apakah Anda sedang merenovasi rumah atau ingin memberikan sentuhan segar pada dinding yang kusam? Salah …