Kunci Jawaban Soal

Apa inti dari teori Gujarat dalam memandang masuknya pengaruh islam ke Indonesia dan apa saja buktinya?

Apa inti dari teori Gujarat dalam memandang masuknya pengaruh islam ke Indonesia dan apa saja buktinya?

Jawaban

Teori Gujarat menyebutkan agama Islam masuk ke Indonesia melalui para pedagang dari India muslim (Gujarat) yang berdagang di Nusantara pada abad ke-13. Teori yang di cetuskan oleh J. Pijnapel, menyebutkan bahwa saudagar dari Gujarat yang datang dari Malaka kemudian menjalin relasi dengan orang-orang di wilayah barat di Indonesia, setelah itu terbentuklah sebuah kerajaan Islam yang bernama kerajaan Samudra Pasai.

Teori Gujarat diperkuat dengan adanya bukti penemuan makam Sultan Samudera Pasai Malik As-Saleh pada tahun 1297 dan makam Syekh Maulana Malik Ibrahim di Gresik yang punya kesamaan dengan batu nisan di Cambay, Gujarat, India.

PILIHAN |  Musik tradisional yang fungsinya untuk arak-arakan pengantin pada masyarakat Betawi adalah...

Dengan demikian, maka inti Teori Gujarat yaitu memandang bahwa agama Islam yang masuk ke Indonesia dibawa melalui para pedagang India muslim dengan bukti ditemukannya makam Sultan Samudera Pasai Malik As-Saleh dan Syekh Maulana Malik Ibrahim yang batu nisannya bercorak Gujarat.

 

Pertanyaan Lain :

PILIHAN |  Berikan Tiga contoh sikap yang mampu mencerminkan rasa cinta tanah air sebagai upaya menghadapi tentangan globalisasi!

Check Also

Kunci Jawaban Soal

makna dari kedaulatan di tangan rakyat adalah

makna dari kedaulatan di tangan rakyat adalah … Jawaban Jawabannya yaitu kekuasaan tertinggi berada di …