Kunci Jawaban Soal

yang pertama kali mengenalkan bangsa indonesia terhadap agama agama adalah dari kaum

yang pertama kali mengenalkan bangsa indonesia terhadap agama agama adalah dari kaum

Jawaban

Jawaban yang tepat adalah kaum pedagang.

Berikut pembahasannya:

Agama adalah sebuah sistem yang mengatur kepercayaan dan peribadatan Kepada Tuhan yang menghubungkan manusia dengan tatanan kehidupan. Di Indonesia ada 6 jenis agama yang diakui oleh pemerintah yaitu Hindu, Budha, Islam, Protestan, Katholik, dan Khonghucu.

Keberadaan agama di bangsa Indonesia awalnya dibawa oleh kaum pedagang. Agama pertama yang masuk adalah Hindu Budha, dibawa oleh para pedagang India. Kegiatan penyebaran agama dilakukan saat berlabuh ke Nusantara untuk berdagang.

Lantaran saat itu pelayaran sangat bergantung pada musim angin, sehingga dalam beberapa waktu mereka akan menetap di kepulauan di Indonesia, dari kondisi inilah agama Hindu Budha menyebar.

Selanjutnya adalah agama Islam. Agama dan kebudayaan Islam dibawa oleh para pedagang dari daerah Gujarat, India yang berlayar melewati selat Malaka. Para pedagang melakukan kontak dengan kerajaan Samudera Pasai yang menguasai selat Malaka pada saat itu.

PILIHAN |  pancasila sebagai dasar negara pertama kali di tetapkan oleh

Para saudagar dari Gujarat yang datang dari Malaka kemudian menjalin relasi dengan orang-orang di wilayah barat di Indonesia kemudian setelah itu terbentuklah sebuah kerajaan Islam yang bernama kerajaan Samudra Pasai.

Jadi, jawaban yang tepat adalah kaum pedangang.

 

Pertanyaan Lain :

PILIHAN |  Pada masa pubertas tubuh laki laki dan perempuan mengalami pertumbuhan yang pesat dan mengalami perubahan perubahan fisik yang berguna untuk.....

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :

PILIHAN |  Cacing menyerang hati ternak adalah spesies ....

Daftar Isi

Check Also

Kunci Jawaban Soal

Komite yang bertugas menangani permasalahan olahraga di kawasan Asean adalah

Komite yang bertugas menangani permasalahan olahraga di kawasan Asean adalah a. AMMW b. P4GN c. …